a

Wednesday, May 22, 2013

Bisnis Kontrakan

Tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Kebutuhan akan tempat tinggal yang semakin meningkat dewasa ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Tanpa perlu kerja bersusah payah, anda dapat melirik bisnis kontrakan yang kini semakin banyak berkembang di daerah sekitar kampus, sekolah, dan perkantoran. Bagi anda yang memiliki investasi dalam bentuk rumah tinggal, anda dapat memanfaatkan rumah tersebut sebagai rumah untuk disewakan atau dikontrakkan. Apabila lokasi rumah yang ingin anda jadikan sebagai rumah kontrakan berada agak jauh dari pusat kota, anda dapat menetapkan harga sewa yang lebih murah dan bersaing dengan rumah-rumah kontrakan yang berada dekat dari pusat kota agar mendapat banyak calon penyewa rumah. 

Panduan Memulai Bisnis Kontrakan

Untuk lebih berhasil dalam merintis bisnis kontrakan ini, anda perlu memahami dengan lebih mendalam hal-hal penting sebagai berikut.

Memperkirakan Harga Sewa
Hal pertama yang harus anda lakukan dalam memulai bisnis kontrakan anda adalah dengan mencari tahu tentang harga sewa rata-rata rumah kontrakan di daerah atau kota tempat tinggal anda. Untuk mengerti nilai sewa hunian yang sesuai, anda dapat membaca iklan-iklan rumah kontrakan di surat kabar maupun bertanya kepada agen properti atau broker untuk mengetahui harga sewa hunian rata-rata yang berlaku saat ini. Harga sewa yang anda tetapkan masih bisa berubah secara fleksibel mengikuti situasi perekonomian di masa depan. Misalnya, jika saat ini anda telah menetapkan harga kontrak rumah di masa mendatang bila kondisi perekonomian tetap stabil anda dapat menaikkan harga kontrak rumah sebesar 10% hingga 15%. Ditambah lagi, jika di sekitar tidak terdapat bisnis kontrakan lain maka anda dapat menaikkan harga sewa rumah lebih dari 15% dengan serta merta mempertimbangkan kemampuan ekonomi penyewa rumah tentunya. 

Pemilihan Tempat Bisnis Kontrakan
Bagi anda yang berencana membeli rumah untuk dijadikan bisnis kontrakan, anda harus memilih lokasi rumah kontrakan yang strategis agar dapat menjaring banyak calon penyewa. Terlebih dahulu, selidikilah pula apakah lokasi rumah yang anda akan beli untuk difungsikan sebagai rumah kontrakan merupakan lokasi yang baik dan aman. Acapkali calon penyewa memilih rumah kontrakan dengan lingkungan sosial yang baik dan aman karena mereka memandang lingkungan tersebut dapat memberikan interaksi sosial yang menyenangkan dan rasa aman dari kemungkinan tindak kriminalitas yang kini sangat sering terjadi di masyarakat. 

Perbaikan Bangunan atau Melakukan Renovasi 
Berikutnya, dalam bisnis kontrakan ini anda patut melakukan pengecekan terhadap kondisi rumah yang akan anda kontrakkan seperti pengecekan aliran listrik, fasilitas rumah, keamanan rumah, sirkulasi air bersih, dan sebagainya untuk memperlancar proses sewa menyewa. Apabila anda menemui berbagai hal yang perlu diperbaiki atau direnovasi dalam rumah kontrakan anda, sebaiknya jangan menunda untuk merenovasinya sehingga calon penyewa dapat merasa nyaman dan betah tinggal di rumah kontrakan anda nantinya. Selain itu, pada umumnya jumlah kamar tidur dan kamar mandi dapat menjadi 

Menentukan Perjanjian Kontrak Rumah
Setelah anda menetapkan harga kontrak rumah yang dinilai sesuai dan memperbaiki rumah kontrakan anda, sebaiknya jangan lupa untuk menentukan isi perjanjian kontrak rumah sehingga nantinya anda dan calon penyewa rumah bisa saling menguntungkan dan dapat terpenuhi segala hak dan kewajiban masing-masing sehingga proses sewa menyewa dapat semakin berjalan lancar. Anda dapat menerangkan dengan rinci dan jelas setiap hak dan kewajiban dari kedua belah pihak berikut konsekuensi yang apabila salah satu pihak gagal memenuhi hak dan kewajiban tersebut. 
Dari ulasan singkat perihal memulai bisnis kontrakan di atas, kiranya anda dapat memilah hal-hal mana yang perlu dijadikan sebagai prioritas utama dengan menyesuaikan dengan situasi ekonomi serta kondisi rumah kontrakan anda. Selamat memulai bisnis kontrakan anda. 









 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...