Friday, May 10, 2013

Bisnis Untuk Pemula

Suatu bisnis yang sukses selalu butuh proses panjang dan jatuh bangun dalam proses pelaksanaannya. Pada umumnya, memang untuk memulai suatu bisnis selalu tidak mudah bagi pebisnis pemula. Kerasnya persaingan pasar sering menjadi masalah utama bagi para pelaku bisnis pemula dalam proses pengembangan suatu bisnis. Banyaknya jenis bisnis untuk pemula di pasaran juga sering membingungkan pebisnis pemula dalam menentukan satu jenis bisnis yang paling tepat sesuai dengan kepribadiannya. 

5 Tips Bisnis untuk Pemula

Sebagai pebisnis pemula, berikut terdapat lima tips bisnis untuk pemula agar anda tidak salah langkah dalam memulai suatu bisnis. 

1. Meskipun anda telah menyiapkan modal untuk bisnis anda, tetap simpan uang anda sebagai cadangan untuk biaya pengeluaran yang tidak terduga. Disamping itu, sebaiknya anda memisahkan dana pribadi dengan dana bisnis anda atau membuat rekening dana bisnis terpisah dengan rekening pribadi sehingga dalam prosesnya dana pribadi anda tidak termakan untuk biaya bisnis anda. Hal ini penting mengingat penggabungan dana pribadi dan dana bisnis sering menjadi penyebab adanya kesulitan dalam manajemen keuangan yang bisa menimbulkan kerugian. 

2. Berpikirlah secara sederhana dalam menentukan jenis bisnis yang cocok bagi pemula seperti anda. Anda dapat memikirkan hobi atau keahlian anda yang mungkin dapat menghasilkan uang. Bila anda memiliki modal terbatas, gunakan tempat tinggal anda sebagai lokasi anda. Jangan membuang banyak uang untuk menyewa ruko di tempat lain. Selain itu, dengan dana yang terbatas, gunakan perlengkapan bisnis yang utama dan wajib dahulu. Kesampingkan untuk membeli perlengkapan bisnis tambahan yang kurang dibutuhkan. 

3. Pelajarilah informasi suatu bisnis yang anda minati sebanyak-banyaknya dengan mencari sumber dari internet, buku, majalah, dan minta pendapat teman atau saudara. Anda perlu mengenali semua detail dalam cara pengelolaan bisnis, pembelian bahan baku, manajemen keuangan, strategi promosi, dan sebagainya.

4. Seringlah keluar rumah guna melihat lingkungan sekitar anda jika terdapat suatu peluang bisnis bagi anda. Bagi pebisnis pemula, cobalah untuk mengamati dengan jeli apakah di sekitar anda masih jarang terdapat suatu jenis bisnis yang akan dan selalu dibutuhkan atau diminati masyarakat.
5. Cobalah untuk membuat rencana bisnis meski dalam bentuk draft kasar yang singkat. Tuangkan pemikiran dan ide anda serta tulislah estimasi untung rugi bisnis anda agar lebih mempermudah proses bisnis anda nantinya.

Macam-Macam Bisnis Untuk Pemula dengan Modal Kecil

Jika anda pebisnis pemula yang tidak ingin mengambil resiko besar dalam memulai bisnis, dibawah ini terdapat beberapa jenis bisnis untuk pemula tanpa modal dana yang besar.

1. Bisnis Reseller Produk
Dengan menjadi reseller berbagai macam produk seperti fashion import, kosmetik, aksesoris wanita, alat-alat kecantikan, sepatu, makanan ringan, obat herbal, dan lainnya yang tidak membutuhkan modal yang besar, anda dapat memasarkan berbagai produk tersebut secara online maupun offline dengan keuntungan yang menjanjikan. 

2. Bisnis Jasa Bimbel atau Les Privat
Salah satu jenis bisnis untuk pemula yang menguntungkan dan nyaris tanpa modal adalah usaha bimbingan belajar atau les privat. Untuk memulai bisnis ini, anda harus memiliki keahlian dalam menguasai mata pelajaran tertentu serta kemampuan dalam mengajar murid. Anda dapat membuka usaha ini di rumah secara kecil-kecilan dan menawarkannya pada tetangga sekitar. Selain itu, bisa juga dilakukan promosi dengan pembuatan spanduk dan pembagian brosur ke sekolah-sekolah di lingkungan anda.

3. Bisnis Jasa Cuci Motor
Bisnis cuci motor dapat dengan mudah dilakukan dengan peralatan sederhana seperti air, ember, kain lap, dan sabun khusus motor. Untuk lokasi usahanya, anda dapat menggunakan halaman depan rumah anda sendiri. 

4. Bisnis Jasa Reparasi
Bagi anda yang memiliki suatu keahlian khusus seperti memperbaiki peralatan elektronik misalnya TV, komputer, mesin cuci, handphone, dll, anda dapat memulai bisnis jasa reparasi panggilan. Promosikanlah bisnis jasa kecil-kecilan anda kepada teman, saudara, serta masyarakat di sekitar anda dengan mouth to mouth promotion, membagi pamflet, memasang iklan di media cetak atau elektronik setempat.

Disamping jenis bisnis diatas, masih banyak juga bisnis untuk pemula dengan modal kecil lainnya seperti bisnis kuliner (catering, warung makan, warung kopi, produksi makanan ringan, dst), bisnis rental (play station, komputer, pengetikan, film, komik, dll), bisnis agribisnis (ternak ikan tambak, budidaya bunga, ternak ayam potong, budidaya sayur organik, dsb), dan bisnis kerajinan (souvernir pernikahan dari daun kering, boneka dari kain perca, kaos bayi dari kain flannel, dll), yang dapat anda pikirkan untuk dijadikan suatu peluang usaha yang tepat bagi anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...