Thursday, April 4, 2013

Jalan Raya Menuju Kesuksesan


Sering kali kesuksesan seseorang lebih banyak ditentukan oleh kemauannya dibandingkan pendidikannya. Henry Ford, seorang pemimpin industri automobil di Amerika Serikat, tidak sempat mengecap pendidikan tinggi. Ford adalah seorang pekerja keras dan pemimpi yang besar. Pada suatu hari, is mempunyai keinginan untuk membuat mesin V-8 (mobil dengan delapan selinder). Ia menceritakan keinginannya kepada para ahli di Ford Motors, namun para ahli menyatakan bahwa idenya tidak masuk akal. Ford bersikeras agar idenya dicoba terlebih dahulu. Setelah enam bulan berlalu, para ahli mesin memutuskan bahwa mesin V-8 tidak dapat diciptakan. Ford tidak mudah putus asa dan kembali memaksa para ahlinya untuk berpikir lebih keras lagi. Akhirnya, setelah berusaha keras dan berkat dorongan dari Ford, para ahli akhirnya mampu menciptakan mesin V-8 pertama di dunia.

Sama seperti Ford yang mempunyai sikap pantang menyerah, sebagai seorang juara sepatutnya kita tidak mudah menyerah begitu saja. Sering di dalam seminar, saya bertanya kepada peserta, "Apa lawan kata dari sukses?" Sebagian besar mereka memilih kata gagal (failure) sebagai jawabannya. Tentu semua orang menginginkan kesuksesan dan menghindari kegagalan. Namun, tahukah Anda bahwa sebuah kesuksesan yang besar sering kali berawal dari proses melewati kegagalan demi kegagalan tanpa mengenal kata menyerah? Simaklah catatan kegagalan Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16.

1831: Gagal dalam bisnis.
1832: Kalah dalam pemilihan di badan legislatif.
1833: Gagal dalam bisnis sekali lagi.
1836: Menderita tekanan mental yang akut.
1843: Kalah dalam persaingan kongres di Amerika Serikat. 
1855: Gagal dalam persaingan untuk merebut kursi di senat. 
1856: Kalah dalam perlombaan menjadi wakil presiden. 
1858: Gagal sekali lagi untuk meraih kursi sebagai senator.
1860: Akhirnya terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-16.

Sekarang Anda mengetahui bahwa kegagalan bukanlah keterbalikan dari kesuksesan. Malahan, kegagalan adalah proses mencapai kesuksesan dan merupakan bagian penting dari kesuksesan. Jadi, apa lawan kata dari sukses? Mari kita rumus lebih dalam, bahwa baik kesuksesan maupun kegagalan berasal dari hasil tindakan demi tindakan. Kesimpulannya, lawan kata dari kesuksesan adalah tidak diambilnya sebuah tindakan (inaction). Dan jika Anda telah mengambil tindakan dan tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan, kemungkinannya adalah Anda mengambil tindakan yang salah atau Anda belum mengambil tindakan yang cukup untuk merealisasikan tujuan Anda.


Saya mencari banyak orang yang memiliki kapasitas yang tak terbatas untuk tidak mengetahui apa yang tidak dapat dikerjakan. 
By: Henry Ford

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...