Monday, April 8, 2013

Investasi Emas Batangan

Menyimpan uang dalam bentuk investasi logam mulia seperti investasi emas telah populer sebagai investasi yang sangat menguntungkan sejak lama. Dibanding investasi pada komoditi lainnya, investasi emas sangat fleksibel dan mudah dilakukan oleh berbagai kalangan. Apabila dibandingkan dengan investasi property yang juga menjanjikan, emas lebih menguntungkan karena dalam waktu singkat logam mulia dapat sewaktu-waktu dicairkan tanpa prosedur yang rumit. Dalam berinvestasi emas, investor lebih disarankan untuk menyimpan dana pada investasi emas batangan daripada emas perhiasan.

Keuntungan Investasi Emas Batangan 

Sebagai penangkal laju inflasi, harga emas cenderung stabil memasuki tahun ke tahun. Meskipun demikian, untuk berinvestasi anda lebih disarankan memilih investasi emas batangan dibandingkan dengan investasi emas perhiasan atau koin emas. Sebagai penjelasan, emas batangan yang dianggap sah untuk berinvestasi adalah emas batangan yang kadar kemurniannya antara 22-24 karat atau emas batangan murni. Anda bisa memilih jenis berat bermacam-macam emas batangan seperti emas batangan 25 gram, 50 gram, 100 gram, atau 1 kilogram. Kelebihan investasi emas batangan ini adalah lebih mudahnya penjualan kembali dibandingkan emas perhiasan atau koin emas. Ketika anda membeli emas batangan, anda tidak perlu membayar biaya pembuatan seperti pada emas perhiasan atau koin emas sehingga hal ini akan menjadi keuntungan anda saat menjual kembali emas batangan tersebut. Selain itu, investasi emas batangan sangat cocok digunakan sebagai investasi jangka pendek dan jangka panjang karena harganya yang cepat melonjak berkali-kali lipat dibandingkan emas perhiasan atau koin emas. Ini juga berbeda dengan investasi emas perhiasan dan koin emas yang hanya bisa digunakan sebagai investasi jangka pendek mengingat cenderung minimnya kadar karat di dalamnya.

Cara Investasi Emas Batangan

Ada beberapa cara dalam investasi emas batangan. Cara yang termudah adalah dengan pembelian emas batangan saat harga di pasaran murah dan menjualnya kembalai saat harga di pasaran melonjak tinggi. Sedangkan, cara berikutnya adalah dengan menfungsikan emas batangan sebagai bantuan dana saat mengalami kesulitan finansial di masa depan. Pada dasarnya emas batangan dapat digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan rencana umroh/naik haji di masa mendatang. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhitungkan terlebih dahulu keperluan dana di masa depan dalam rupiah, lalu mengkonversikan kebutuhan dana itu melalui pembelian emas batangan untuk investasi. Mengingat potensi harga emas batangan yang selalu naik 19-24% setiap tahunnya, cara ini merupakan cara yang ampuh untuk mengamankan uang sekaligus berinvestasi memetik keuntungan. Sebagai informasi, untuk faktor keamanan dan keasliannya anda dapat membeli emas batangan pada Perum Pegadaian atau PT. Aneka Tambang Tbk divisi Logam Mulia secara online atau dengan menghubungi nomor telepon 021-29980900. Pembelian emas batangan sangat beresiko apabila dilakukan di tempat-tempat yang tidak resmi sehingga anda harus berhati-hati dalam memilih tempat resmi yang menjual emas batangan asli. Cara investasi emas batangan yang terakhir adalah dengan menempatkan emas batangan di fasilitas yang disebut safe deposit box yang ada di bank-bank negara ataupun swasta. Fasilitas safe deposit box yang ditawarkan oleh bank akan menjamin keamanan emas batangan anda serta menghasilkan keuntungan dalam bentuk bunga bank. Keuntungan yang akan diperoleh secara umum berdasarkan pada banyak sedikitnya emas batangan yang akan anda tempatkan di safe deposit box dan juga berdasarkan pada tingkat laju inflasi.

Kesimpulannya, memilih investasi emas batangan sebagai investasi anda merupakan pilihan yang cerdas dan bijak. Stabilitas logam mulia merupakan satu faktor utama yang tidak dimiliki jenis investasi lain. Disamping itu, hingga kini para investor dunia lebih percaya diri memiliki emas batangan daripada uang tunai sehingga permintaan emas batangan akan terus meningkat dari waktu ke waktu.



 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...