a

Tuesday, March 26, 2013

Investasi "Semusim"


Bagi Anda yang menggemari musik pasti pernah mendengar judul lagu "semusim" yang dinyanyikan oleh penyanyi kondang seperti mendiang Chrisye ataupun Fariz RM. "Semusim" kerap dijadikan judul lagu, atau bahkan judul film dan juga novel. Tapi, "semusim" dalam tulisan ini jelas tidak ada hubungannya dengan lagu ataupun judul novel. "Semusim" dalam pembahasan berikut adalah perilaku investor yang berinvestasi tanpa rencana dan biasanya berakhir hanya dalam kurun waktu pendek, alias semusim saja. Apa maksudnya?

Ketika seseorang hendak melakukan investasi alias menjadi investor, jelas ada yang menjadi penyebabnya. Kesadaran bahwa investasi merupakan satu cara untuk meningkatkan kekayaan, misalnya, merupakan alasan yang mendasari banyak kalangan dalam berinvestasi. Tetapi juga, pengaruh lingkungan tidak sedikit yang menjadi sebab. Sayangnya, alasan-alasan yang bersifat stimulus sesaat seperti itu, kerap kali membuahkan hasil negatif. Kenapa? Karena investasi yang dilakukan tidak dibarengi dengan kesiapan mental dan pengetahuan yang memadai tentang investasi yang hendak dilakukan. Ketika melihat tetangga sebelah tiba-tiba kaya raya karena menang "bermain" saham, maka sebagian kalangan serta-merta ikut membeli saham. Apa yang terjadi kemudian, bukannya meraih untung, melainkan buntung. Alhasil, investasi menjadi kegiatan yang tidak menyenangkan, tetapi malah merugikan. Ujung-ujungnya, kalangan tersebut hanya menjadi investor semusim dan kemudian menjadi alergi dengan kegiatan investasi.

Pertanyaannya, apakah Anda pernah mengalami hal semacam itu? Sebagian dari Anda pasti berkata ya, kalau mau menjawab jujur. Lalu kenapa masih membaca tulisan ini? Karena masih ada rasa penasaran perihal investasi. Begitu bukan jawabannya? Silakan teruskan membaca jika Anda memang mau mengevaluasi kenapa selama ini hanya menjadi investor semusim dan kenapa investasi Anda menuai kegagalan.

Investasi hakikatnya adalah suatu tindakan keuangan untuk mencapai tujuan. Tujuan itu tentu saja berupa tujuan keuangan. Dan tujuan keuangan merupakan salah satu cara mencapai tujuan hidup. Dengan filosofi seperti itu jelas, bahwa tujuan keuangan, yang salah satu caranya dicapai melalui investasi bukanlah kegiatan sesaat. Investasi mesti dilakukan sepanjang usia, karena yang namanya tujuan mestinya bersifat dinamis alias bergerak terus. Misalnya, Anda memiliki tujuan keuangan berupa tersedianya uang sebanyak 1 miliar rupiah dalam kurun waktu 5 tahun mendatang. Setelah uang 1 miliar itu tersedia, tentunya Anda menyiapkan tujuan keuangan yang baru. Katakanlah tujuan keuangan yang baru itu adalah tersedianya uang 2 miliar. Begitu seterusnya, setelah satu tujuan keuangan tercapai, pasti akan muncul tujuan keuangan yang baru. Dan untuk mencapai tujuan keuangan yang baru itu, perlu dilakukan investasi. Demikian logikanya. Lamas bagaimana investasi itu bisa dilakukan dengan baik, sehingga tidak terjerumus pada kondisi investor "semusim"? Ada beberapa langkah yang bisa dipertimbangkan.

Pertama, pastikan bahwa investasi yang Anda lakukan bukan karena pengaruh lingkungan ataupun coba-coba, melainkan didasari oleh keyakinan bahwa investasi merupakan hal serius yang bertujuan untuk mencapai tujuan keuangan sebagai bagian dari tujuan hidup. 

Kedua, pelajari segala hal terkait investasi. Luangkan waktu untuk mempelajari instrumen investasi yang tersedia, risikonya maupun potensi keuntungan yang terkandung di dalamnya, serta mekanisme investasi itu sendiri. Soal mekanisme itu penting Anda pahami agar terhindar dari salah pengertian. Sebab, dalam realitasnya, cukup banyak investor ritel, khususnya di pasar saham yang tidak mengerti cara membaca laporan transaksi saham dan atau bahkan, tidak bisa membedakan antara potential kiss dan loss. Atau tidak bisa membedakan antara harga belli saham dan harga rata-rata beli saham. Oleh karena itu, pemahaman mengenai instrumen investasi sangat diperlukan, agar tidak keliru dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Ketiga, memulai investasi dengan simulasi. Apa maksudnya? Seperti orang yang belajar main golf. Sebelum terjun ke lapangan tentunya mesti belajar melakukan "driving" atau memukul bola dengan benar. Demikian juga dalam berinvestasi, tidak ada salahnya melakukan simulasi atau membuka account "pura-pura". Cara ini akan memudahkan Anda untuk merasakan getaran dinamika investasi khususnya di pasar saham. Asumsikan Anda menempatkan dana Rp250 juta untuk berinvestasi saham. Lalu pilihlah saham yang Anda minati. Misalnya 5 jenis saham, masing-masing Rp50 juta. Lalu, lihat bagaimana basil investasi saham itu satu bulan kemudian. Ada yang naik dan memperoleh gain dan ada juga yang loss. Hitung nilai net-nya. Itulah basil investasi simulasi dalam satu bulan. Selanjutnya, Anda bisa mengubah portofolio saham tersebut, dengan mengganti saham-saham yang Anda bell. Dengan cara simulasi semacam ini, maka Anda akan terbiasa mengikuti gerakan pasar dan setelah saatnya tepat barulah Anda berinvestasi di saham.

Keempat, melakukan investasi secara berkala. Ini merupakan salah satu poin penting dalam berinvestasi, sekaligus menghindari kemungkinan menjadi investasi "semusim". Apa maksudnya? Investasi harus didasarkan atas perencanaan yang matang dan kemampuan keuangan yang relevan. Artinya, investasi sebaiknya tidak dilakukan dengan pemaksaan. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik, kalau dana yang ditempatkan dalam investasi dilakukan secara bertahap, terus-menerus dan bersifat jangka panjang. Dengan cara ini, maka investasi bukan lagi karena faktor pengaruh eksternal, melainkan karena keputusan pribadi. Dan hasilnya bisa lebih memuaskan ketimbang sekadar menjadi investor "musiman". Selamat mencoba.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...