Wednesday, March 13, 2013

Investasi Jangka Panjang


Menanamkan dana untuk investasi merupakan pilihan yang tepat untuk masa depan. Pilihan investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan investasi yang bijak dalam menyikapi situasi ekonomi yang tidak menentu saat ini. Dibandingkan dengan investasi jangka pendek yang tingkat keuntungannya relatif kecil, investasi jangka panjang menawarkan lebih banyak keuntungan di masa depan bagi investor.

Menurut jenisnya, investasi jangka panjang meliputi saham, obligasi, logam mulia, reksa dana, dan asuransi. Banyak orang cenderung memilih berinvestasi pada jenis-jenis investasi jangka panjang tersebut karena beragam manfaat dan keuntungan yang ditawarkannya di masa depan. Meskipun butuh waktu yang relatif lama untuk menuai hasil dan manfaat dari jenis-jenis investasi jangka panjang tersebut, sesungguhnya waktu penantian dan kesabaran yang anda curahkan akan sangat sepadan dengan keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya.


1. Saham sebagai Investasi Jangka Panjang
Saham merupakan pilihan yang populer sebagai investasi jangka panjang. Saham dapat diartikan sebagai surat pernyataan dan berbeda dengan obligasi yang merupakan surat hutang yang harus ditebus oleh penerbitnya. Para investor dapat menginvestasikan dana dengan cara membeli saham-saham yang diterbitkan oleh berbagai perusahaan. Sebagai saran, sebelum memutuskan untuk membeli saham suatu perusahaan, akan lebih baik bila anda berhati-hati dengan menyelidiki latar belakang perusahaan tersebut atau dengan berkonsultasi dengan rekan dan kerabat yang lebih berpengalaman di dunia saham.

2. Obligasi sebagai Investasi Jangka Panjang
Obligasi ialah surat hutang yang diterbitkan oleh perusahaan guna memperoleh dana. Menggunakan obligasi sebagai investasi jangka panjang bagi investor pemula sangat tidak disarankan karena selain beresiko tinggi, obligasi memiliki faktor keamanan yang minim dimana bunga keuntungan yang akan didapat belum tentu sepadan dengan dana yang dikeluarkan untuk membayar jumlah hutang perusahaan. Karena resikonya yang dinilai tinggi, banyak investor yang beralih menanam dananya ke jenis investasi jangka panjang yang lebih menguntungkan.

3. Emas sebagai Investasi Jangka Panjang
Emas yang dikenal sebagai logam mulia merupakan logam berharga yang sangat potensial untuk investasi jangka panjang. Banyak orang memilih menginvestasikan dana mereka pada emas karena fleksibilitasnya yang mudah dibentuk untuk perhiasan dan dapat dicairkan sewaktu-waktu. Investasi emas merupakan pilihan yang mudah dan cerdas di masa ini karena logam mulia ini memiliki nilai jual yang baik dan relatif stabil. Selain itu, emas sudah dianggap sebagai asset berharga dan pengganti mata uang yang dapat dengan mudah diuangkan bila diperlukan. Karena nilai emas yang hampir setara dengan US Dollar, para investor cenderung menjadikan emas sebagai investasi utama daripada mata uang asing lainnya. Cara berinvestasi emas sangat mudah, anda dapat membeli emas dan menjualnya saat harga sedang melonjak naik.

4. Reksa dana sebagai Investasi Jangka Panjang
Reksa dana dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang dengan cara menempatkan dana di perusahaan reksa dana. Setelah perusahaan reksa dana memperoleh dana yang dibutuhkan, keuntungan yang didapatkan seorang investor berasal dari meningkatnya posisi tawar-menawar oleh peusahaan reksa dana tersebut.

5. Asuransi sebagai Investasi Jangka Panjang
Jenis investasi jangka panjang terakhir yang menguntungkan bagi masa depan adalah asuransi khususnya asuransi program pensiun. Dengan menempatkan dana pada perusahaan asuransi yang terpercaya, investor yang akan tiba masa pensiunnya dapat memperoleh jaminan kesehatan dan finansial yang jelas sesuai dengan aturan dari perusahaan asuransi tersebut. Perlu diperhatikan, sebelum memutuskan menempatkan dana anda untuk asuransi sebaiknya anda melakukan perbandingan dengan produk asuransi lainnya di beragam perusahaan asuransi. Pilih produk asuransi yang lebih menguntungkan sehingga anda terhindar dari penyesalan di masa depan.

Menginvestasikan dana untuk investasi jangka panjang seperti investasi saham, obligasi, emas, reksa dana, dan asuransi bisa sangat potensial untuk masa depan asalkan para investor memahami peraturan dan tata cara yang ditetapkan dalam proses investasi tersebut. Selain itu, rekomendasi dan saran dari rekan, keluarga, dan para ahli dalam bidang investasi juga bisa digunakan sebagai acuan penting dalam langkah anda berinvestasi.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...