a

Thursday, February 21, 2013

Pelayanan Usaha Kuliner

Selain harga dan rasa, hal lain yang cukup penting dalam usaha kuliner adalah pelayananan (service). Penyediaan layanan makanan dan minuman di usaha kuliner merupakan suatu keharusan agar para tamu dapat tinggal nyaman dan menyenangkan di tempat usaha kita. Fungsi pelayanan makanan dan minuman adalah sebagai berikut.

a) Memenuhi selera tamu agar puas terhadap makanan dan minuman
b) Mendapatkan keuntungan yang wajar (tamu puas hingga mau menjadi pelanggan tetap).
c) Memelihara dan meningkatkan nama baik usaha kuliner.

Sedangkan tujuan dari pelayanan makanan adalah sebagai berikut.
a) Memberikan kenyamanan.
b) Mempererat hubungan kekeluargaan.
c) Mempertinggi efisiensi kerja (mencegah pemborosan tenaga dan hidangan).

Nah, untuk itu pelayanan usaha kuliner harus memperhatikan faktor-faktor berikut.

a) Kebersihan
Faktor utama yang sangat penting diperhatikan oleh pelanggan sebuah usaha kuliner adalah kebersihan, baik tempat, ruangan, lingkungan, peralatan, maupun makanan dan petugas pelayanan. Untuk itu petugas pelayanan harus berpenampilan rapi dan bersih.

b) Keserasian
Suasana tempat makan, peralatan, dan dekorasinya harus serasi yang akan membuat selera makan pelanggan menjadi meningkat dan nantinya menjadi pelanggan loyal.

c) Keseimbangan
Luasnya ruangan dan kecermatan pemilihan perabot yang digunakan akan menciptakan keseimbangan dan mempengaruhi suasana yang nyaman sehingga menambah loyalitas pelanggan.

d) Ketepatan
Penempatan perabot yang tepat akan memberikan kenyamanan bekerja bagi petugas pelayanan, juga dalam menciptakan suasana yang diinginkan pelanggan termasuk dalam penyajian makanan serta peralatan yang digunakan.

e) Keindahan
Penataan yang rapi tidak saja menimbulkan kenyamanan tetapi juga menciptakan keindahan, apalagi bila ditambah dengan sebuah rangkaian bunga di tengah meja, sehingga memberikan kesegaran alami dan membuat kesan romantisme.

Di samping prinsip-prinsip dasar di atas, ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Adapun hal-hal lain yang mendukung keberhasilan pelaksanaan pelayanan usaha kuliner yang baik, meliputi:

a) Pramusaji yang profesional. Pramusaji adalah orang yang paling dekat dengan tamu di ruang makan, bertugas membantu dan melayani tamu selama menikmati makanan dan minumannya.
b) Tempat dan peralatan yang tepat.
c) Menu yang disediakan.

Pelayanan yang ramah dengan senyuman di bibir akan menarik banyak pelanggan untuk kembali ke usaha kuliner yang kita miliki. Pelayanan terpenting terhadap pelanggan adalah penyediaan macam-macam kebutuhan yang diinginkan pengunjung dan menawarkan harga yang pantas di tempat yang menarik, menyenangkan, dan mudah tercapai. Tetapi terkadang ini saja seringkali tidak cukup. Usahakan agar pengunjung merasa nyaman di rumah makan atau usaha kuliner kita dan jangan biarkan mereka menunggu sangat lama untuk menikmati hidangan yang dipesan.
by Sugiyo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...