a

Tuesday, February 5, 2013

Membuat Karyawan Anda Bangga

Perusahaan yang memiliki citra diri yang positif dan rasa bangga akan lebih kompak dan efisien, serta "citra perusahaan" menjadi lebih kuat. Ketika karyawan menghormati dan menghargai organisasi tempat mereka bekerja, maka produktivitas, kualitas kerja, serta kepuasan kerja mereka akan meningkat.

Ide
Apakah karyawan Anda bangga bekerja di perusahaan Anda? Rasa bangga ini bisa ditimbulkan oleh tujuan, kesuksesan, etika, kualitas kepemimpinan organisasi, atau kualitas dan pengaruh produk yang dihasilkan. Salah satu contohnya adalah Taylor Nelson Sofres (TNS), sebuah perusahaan informasi pasar terkemuka yang memiliki 14.000 karyawan tetap di seluruh dunia. Perusahaan ini mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi untuk klien, menyediakan riset mengenai masalah bisnis dan pasar, serta menyelenggarakan polling di bidang sosial dan politik.

Jaringan perusahaan ini mencakup 70 negara yang sebagian besar tergabung melalui proses akuisisi. Konsekuensinya, karyawan sering kali lebih setia pada bisnis lokal "dalam negeri" TNS dibandingkan terhadap grup yang tampakh jauh atau asing. Namun demikian, ketika salah seorang eksekutifnya menjadi korban bencana tsunami di Asia Selatan pada bulan Desember 2004, TNS mendonasikan $250.000 pada UNICEF untuk membantu proses pemulihan. Altruisme ini menyatukan perusahaan karna karyawan merasa senang bekerja pada organisasi yang menjujung nilai-nilai yang mereka hormati.

Seperti yang diilustrasikan oleh TNS, sikap sederhana dan positif dapat meraih hasil yang mengesankan dalam hal kepuasan, kebanggaan, dan motivasi karyawan.

Penerapan

  • Adakan kegiatan untuk memperlihatkan corporate social responsibility -- seperti donasi, pengumpulan dana, atau sekedar menjalankan praktek bisnis dengan lebih mengedepankan rasa welas asih. Ini semua dilakukan untuk membuat karyawan dan calon karyawan merasa bangga bekerja pada organisasi Anda.
  • Tanyakan pada karyawan nilai apa yang mereka hargai -- apa yang mereka inginkan agar dilakukan oleh para atasan mereka?
  • Berikan kesempatan kepada karyawan untuk terlibat dalam kegiatan pengumpulan dana dan menjadi sukarelawan.
  • Hindari praktek bisnis negatif. Karyawan akan kurang termotivasi untuk bekerja dalam organisasi yang dipandang negatif oleh masyarakat.
  • Ingatkan karyawan bahwa layanan yang mereka berikan memberikan manfaat bagi masyarakat; bagaimana pekerjaan yang mereka lakukan setiap hari turut membawa perubahan positif dalam masyarakat.
by Jeremy Kourdi
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...