a

Sunday, January 27, 2013

Kekuatan Kultur Perusahaan

Jika Anda ingin naik ke puncak tangga perusahaan, Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih untuk bergabung dengan perusahaan yang memiliki budaya yang memungkinkan Anda untuk naik -- dan bahkan, setelah bergabung, Anda harus memperhatikan baik-baik kelompok-kelompok yang ada di dalam perusahaan itu.

Mengapa? Karena setiap perusahaan punya budayanya sendiri yang unik. Dalam beberapa perusahaan tertentu, budaya di antara para stafnya adalah mengeluh dan hanya melakukan hal-hal yang diperlukan, tidak lebih. Sulit untuk termotivasi dan menjadi unggul dalam sebuah organisasi seperti itu. Jika Anda mengambil banyak inisiatif dan melakukan lebih dari yang diharapkan, Anda dapat membuat kolega-kolega, bahkan bos Anda (yang mungkin seorang pemalas) jengkel. Anda akan membuat mereka terlihat buruk.

Hasilnya, mereka akan menuduh Anda 'terlalu rajin' dan 'merusak pasar'. Setelah beberapa saat, ketika Anda tidak dapat mengalahkan mereka, Anda bergabung dengan mereka.

Dalam setiap organisasi besar, selalu ada kelompok-kelompok yang menghabiskan waktu mereka dengan bergosip, mengambil waktu istirahat lebih panjang, dan mengeluh tentang manajemen. Semakin sering Anda bergaul dengan orang-orang seperti itu, semakin sering Anda menjadi seperti mereka dan mempertaruhkan prospek karier Anda sendiri.

Pada saat bersamaan, ada beberapa perusahaan di mana budayanya adalah semua orang berlomba-lomba menjadi yang terbaik dan menonjol. Ada kompetisi yang positif dan bersahabat. Ada budaya 'melakukan apa pun yang diperlukan' untuk menyelesaikan pekerjaan. Ketika sebuah departemen mencapai hasil yang sangat memuaskan dalam penjualan atau efisiensi, semua departemen merasa terdorong untuk mengalahkan mereka tahun depannya.

Hampir tidak ada yang mengeluh saat hal-hal menjadi sulit. Saat Anda melihat semua orang (termasuk para bos) menggulung lengan baju mereka dan bekerja bahkan saat akhir pekan, semua orang terinspirasi untuk melakukan yang terbaik. Dalam sebuah budaya perusahaan seperti itu, sangat mudah untuk merasa termotivasi dan bersemangat setiap hari. Sekarang, suka atau tidak suka, kecuali Anda memiliki kepribadian yang kuat dan kemampuan yang istimewa, budaya perusahaan Anda akan memengaruhi cara Anda bekerja. Jika Anda ingin menjadi pemenang, bergabunglah dengan perusahaan yang berisi para pemenang. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mencapai kesuksesan dengan cara itu.
by Adam Khoo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...