Thursday, January 3, 2013

Bisnis Toko Boneka

Siapa yang tidak suka mainan, terutama boneka? Boneka dengan bentuk yang lucu-lucu membuat orang menyenanginya. Boneka juga sering menjadi pilihan untuk kado ulang tahun dan kado-kado momen lain. Jadi, pembeli boneka itu akan selalu ada. Bahkan, ada beberapa momen yang membuat penjualan boneka melonjak, yaitu saat Valentine atau saat Natal. Jangan sia-siakan momen tersebut. Anda dapat berjualan boneka dengan tema yang sesuai.

Boneka adalah jenis mainan yang terkadang berharga mahal jika keluaran pabrik terkenal. Karena itu, Anda dapat mencari pemasok boneka dari industri rumahan. Harganya murah tetapi kualitasnya tidak kalah dengan boneka keluaran pabrik terkenal. Dengan mendapat pemasok seperti ini, keuntungan yang Anda dapat akan semakin besar. Beberapa tempat pemasok yang dapat Anda jadikan pilihan adalah daerah Ciawi, Sukabumi, dan Karawang. Di sana banyak pabrik boneka dengan harga murah.

Selain itu, Anda pun dapat membuat boneka dari kain perca. Bentuk boneka unik dan bahkan bisa menjadi tren seperti tren boneka buah-buahan (pisang dan terung) beberapa waktu lalu. Walaupun usaha Anda adalah toko boneka, Anda dapat pula melengkapi dengan jenis komoditas lain, seperti pin boneka, sandal boneka, tas boneka, tempat HP boneka, atau barang-barang lainnya yang mengandung unsur boneka. Namun, komoditas utama tetaplah boneka karena jenis usaha yang akan Anda buka adalah toko boneka.

A. Memulai Bisnis
Beberapa hal yang harus Anda persiapkan adalah sebagai berikut.

  • Pemilihan lokasi. Lokasi hendaknya di tempat ramai. Atau Anda juga dapat mempertimbangkan pemilihan lokasi dekat kampus.
  • Mencari pemasok boneka untuk toko Anda. Cari pemasok boneka berkualitas baik. Anda pun harus mencari pembuat handycraft barang-barang berbau boneka. Mereka tentu senang bisa bekerja sama dengan Anda.
  • Membuat penataan yang indah dan rapi. Tata cahaya lampu sangat penting dalam hal ini karena akan memberikan efek tertentu yang aakan menarik perhatian pengunjung. Dekorasi yang segar juga sangat berpengaruh untuk menari perhatian pembeli.
  • Mengikat pelanggan dengan sistem member. Member akan mendapat keuntungan dengan diskon khusus. Harga untuk membayar jangan terlalu mahal agar Anda dapat mengikat pelanggan sebanyak-banyaknya.
  • Promosi pada waktu yang tepat. Pada momen seperti Valentine dan Natal, Anda dapat meraup untung yang besar. 
B. Hambatan Bisnis
Usaha berjualan memang gampang-gampang susah. Pasti akan mengalami fluktuatif, terutama jika menghadapi masa krisis ekonomi. Namun, walau begitu, dengan kesetiaan pelanggan, hambatan tersebut dapat Anda atasi. Beberapa hambatan yang mungkin Anda temui adalah sebagai berikut.
  • Pembeli yang datang sedikit.
  • Ekonomi yang semakin sulit membuat pembeli mengurangi pembelian barang atas dasar kesenangan semata.
  • Karyawan penunggu toko Anda tidak ramah sehingga banyak pembeli yang enggan masuk ke toko Anda.
  • Harga boneka yang dinilai terlalu mahal.
C. Strategi Bisnis
Banyak toko boneka sejenis yang sudah berdiri. Bagaimana caranya menembus persaingan di bisnis ini? Berikut beberapa strategi yang dapat Anda terapkan:
  • Mencari barang murah agar Anda dapat menjual boneka dengan harga yang tidak terlalu mahal sehingga pembeli pun akan semakin banyak.
  • Buatlah sistem pengemasan boneka yang unik. Jadi, pembeli merasa membawa hadiah ketika membeli boneka dari toko Anda. Hal yang harus Anda pertimbangkan adalah kemasan kantong yang unik.
  • Mengikat pelanggan dengan sistem member.
  • Mengadakan acara-acara tertentu seperti lucky days, yaitu pada hari tertentu pelanggan akan mendapat diskon.
  • Semakin memperbanyak jumlah item berbau boneka dalam display Anda.
  • Mendesain boneka khas dari toko Anda. Berkreasilah.
  • Selalu memerhatikan tren dunia boneka di luar negeri.
D. Analisis Bisnis
Modal Awal :
Peralatan :
Renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000,-
Rak display Rp. 3.000.000,-
Meja display Rp. 1.000.000,-
Meja + kursi cashier Rp. 750.000,-
Interior dan dekorasi Rp. 1.000.000,-
Jumlah Rp. 7.750.000,-
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 7.750.000,00 - Rp 1.000,00) / 4 = Rp 1.937.250,00 per tahun atau sama dengan Rp 161.437,00 per bulan.

Barang dagangan awal (koleksi boneka) Rp. 1.000.000,-
Stok koleksi barang Rp. 500.000,-
Jumlah Harga Pokok barang dagangan Rp. 1.500.000,-
Perlengkapan:
Bon + kantong plastik Rp. 100.000,-
Jumlah Rp. 100.000,-
Perhitungan Laba / (Rugi) per Bulan
Pendapatan :
Rp 150.000,00 (omzet per hari) x 30 hari Rp. 4.500.000,-
Biaya-biaya :
Sewa Tempat dan listrik Rp. 750.000,-
Harga pokok barang dagangan Rp. 1.500.000,-
Gaji karyawan toko Rp. 500.000,-
Transportasi Rp. 150.000,-
Biaya Perlengkapan Rp. 100.000,-
Biaya Penyusutan Peralatan Rp. 161.437,-
Lain-Lain Rp. 100.000,-
Jumlah Biaya Rp. 3.261.437,-
Laba Bersih Rp. 1.238.563,-
by 99 Bisnis
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...