a

Friday, January 25, 2013

Bisnis Katering

Bisnis katering merupakan bisnis yang paling populer di bidang kuliner. Di setiap kesempatan dan momen kita sering menjumpai aneka makanan enak yang disajikan dengan menarik oleh pengusaha katering. Jika kita memiliki hobi memasak atau sangat menyukai dunia kuliner, tak ada salahnya usaha kuliner di rumah dengan menjalankan bisnis katering.

Usaha katering bisa dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan tempatnya, yaitu :

a) Katering Rumah yaitu usaha kuliner yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng.
b) Katering Sekolah, yaitu katering makan pagi/siang untuk anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak.
c) Katering Kantor, yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.
d) Katering Acara Khusus/Hajatan seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.

Kesuksesan bisnis katering ini terletak pada :
a) Sikap mental. Untuk memulai usaha ini rasa malu, takut gagal, dan memadamkan perang batin antara berkeinginan dan keraguan adalah langkah pertama yang harus diatasi.
b) Operasional. Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan sejak awal. Mulai menghitung kemampuan diri, juga keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan. Misalnya, untuk menjadi pengusaha katering kita tidak harus menjadi ahli masak terlebih dahulu, namun yang terpenting adalah mampu mengelola usaha katering dengan baik, sementara untuk tenaga ahli yang bisa memasak dapat diperoleh dengan mengadakan perekrutan.
c) Pengetahuan. Tingkatkan pengetahuan kita tentang berbagai jenis masakan. Berburulah buku-buku kuliner dan berbagai masakan nusantara hingga manca negara.
d) Modal. Untuk permodalan kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan peralatan dapur yang dimiliki untuk sementara waktu.
e) Promosi dan Pemasaran. Anda dapat melakukan promosi seperti berikut.

  • Menyediakan kartu nama
  • Melakukan promosi via internet, karena lebih menjangkau banyak kalangan. Sertakan kelebihan produk katering.
  • Media massa lokal. Promosi melalui jasa mereka seperti koran lokal dan radio akan cukup efektif.
  • Label. Sertakan nama, alamat, dan nomor telepon usaha katering Anda di setiap kemasan seperti kardus, tissue, plastik, dan lain lain.
  • Dari mulut ke mulut. Tawarkan jasa katering pada rekan terdekat, keluarga, atau para tetangga. Jalinlah kerjasama dengan perkantoran, tempat kost, dan semua orang atau organisasi yang kemungkinan membutuhkan jasa katering.
f) Kualitas masakan dan rasa. Dalam kegiatan proses memasak, usahakan untuk menjaga kualitas bahan baku dan kebersihan baik kebersihan peralatan produksi maupun tempat memasak. Hindari bahan baku yang membahayakan kesehatan seperti pewarna makanan atau zat-zat pengawet sehingga masakan yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus dan aman dikonsumsi konsumen. Perhatikan pula kualitas rasa semua masakan kita.
g) Harga makanan. Perhitungkan dengan baik agar harga katering lebih murah dibanding saingan bisnis lainnya, namun tetap mendapat untung. Jangan enggan untuk memberikan diskon, dan ramalah kepada semua konsumen.
by Sugiyo
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...