a

Tuesday, November 27, 2012

Keuntungan dan Kerugian Investasi Ruko

Berkenaan dengan investasi, ruko atau rukan (rumah kantor) memiliki keuntungan dan kerugian sama seperti investasi pada properti lainnya. Agar dapat terhindar dari kerugian besar, Anda perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan dari investasi ini.

Keuntungan Investasi Ruko
1. Permintaan ruko dan rukan sangat tinggi di kawasan bisnis, perdagangan, dan hiburan. Di kawasan ini, ruko dan rukan dapat menjadi penggerak ekonomi di daerah tersebut.
2. Jangka waktu penyewaan ruko berbeda dengan masa sewa rumah yang pendek dan dihitung per tahun. Jika Anda berniat untuk menyewakan ruko atau rukan, Anda diharuskan untuk menyewa minimal 2 tahun ke depan. Sebagai penyewa ruko, hal ini harus diperhitungkan secara ekonomi. Pedagang yang berjualan di ruko kadang baru akan mendapatkan break event point pada akhir tahun kedua. Artinya, pada tahun ketiga dia baru bisa menikmati hasilnya.
3. Cap rate berkisar antara 6-9%. Tingkat pengembalian investasi ruko dan rukan akan lebih besar jika dibandingkan rumah karena bangunannya yang luas dan umumnya berada di daerah yang dekat dengan keramaian, di pinggir jalan atau tempat hiburan, sehingga merupakan daerah strategis dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.


Kekurangan Investasi Ruko
1. Karena sifatnya yang peka terhadap situasi ekonomi, ruko dan rukan sudah pasti akan sensitif terhadap perubahan iklim ekonomi dalam dan luar negeri. Di saat kondisi ekonomi membaik, harga ruko akan ikut menyesuaikan dan pastinya akan menguntungkan pemilik. Namun, masalah pun timbul ketika krisis ekonomi terjadi. Bisa jadi, sebagian pedagang yang biasa menyewa ruko akan menghentikan aktivitas perdagangannya atau pindah ke tempat yang lebih murah.
2. Ruko dan rukan berbeda dengan rumah tinggal. Fungsinya yang diperuntukkan bagi kegiatan bisnis menjadikan ruko dan rukan harus memiliki lokasi yang strategis. Ada juga pengembang yang tidak memperhatikan ini sehingga ruko dan rukan tersebut akan kosong tanpa penyewa. Hal ini biasa disebut sebagai ruko spekulatif karena tidak jeli melihat peluang ke depan.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...