a

Monday, May 6, 2013

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Usaha rumahan merupakan suatu jenis usaha yang dapat dilaksanakan di rumah oleh pelaku bisnis dari berbagai lapisan masyarakat seperti pelajar, ibu rumah tangga, karyawan hingga pensiunan. Banyaknya jenis usaha rumahan yang dapat dilakukan di rumah bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan jika dikelola dengan serius dan konsisten. Pemilihan jenis usaha rumahan yang menjanjikan sangat penting demi lebih majunya usaha anda di masa mendatang. 

8 Panduan Memulai Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Jika anda ingin memulai suatu usaha rumahan yang menjanjikan, sebaiknya anda perhatikan terlebih dulu beberapa panduan memulai usaha rumahan yang menjanjikan di bawah ini.

1. Siapkan dengan terencana semua perlengkapan yang diperlukan untuk memulai usaha rumahan yang menjanjikan anda. 

2. Libatkanlah orang-orang terdekat anda yang dapat anda percayai seperti anggota keluarga dalam membantu perencanaan dan pelaksanaan usaha rumahan anda. 

3. Usahakan agar produk usaha rumahan anda memiliki kualitas yang baik atau diatas rata-rata sehingga tidak kalah saing dengan produk kompetitor lain di pasaran.

4. Terapkan standar pelayanan atau servis yang baik dan ramah agar memberikan kesan yang baik pada konsumen sehingga selanjutnya dapat menjadikan anda sebagai langganan tetapnya.

5. Pikirkan anggaran operasional atau dana yang diperlukan dalam memulai usaha rumahan yang menjanjikan tersebut. 

6. Pelajari seluk beluk usaha rumahan serta kelebihan dan kekurangan produk usaha jenis tersebut dengan surfing melalui internet, bertukar pendapat dengan orang yang lebih berpengalaman, dan membaca buku-buku bisnis. 

7. Pikirkan dengan cermat dan hati-hati harga produk usaha rumahan anda. Pertimbangkan kisaran harga yang sesuai, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah sehingga anda masih bisa mendapat keuntungan yang menjanjikan.

8. Selalu amati situasi pasar dan trend baru yang sedang berkembang sehingga anda dapat melakukan pengembangan dan inovasi produk untuk menjangkau lebih banyak konsumen baru.

Contoh Usaha Rumahan yang Menjanjikan Saat ini

Perlu anda ketahui, usaha rumahan yang menjanjikan dan memiliki peluang untuk sukses biasanya adalah usaha rumahan yang berawal dari hobi dan dikelola secara serius. 

1. Usaha Salon dan Rias Pengantin
Bagi anda yang memiliki minat dan keahlian di bidang kecantikan, anda dapat memulai usaha salon rumahan dan rias pengantin kecil-kecilan. Sebagai langkah awal, anda dapat menawarkan jasa anda ke tetangga sekitar serta menyebarkan pamflet ke lingkungan tempat tinggal anda. Untuk meningkatkan keahlian anda, ada baiknya anda mengikuti training dan kursus rias pengantin dan pemotongan rambut di kota anda.

2. Usaha Ternak Ayam Potong
Usaha rumahan yang menjanjikan saat ini adalah usaha ternak ayam potong dengan menggunakan lahan kosong di rumah atau menyewa lokasi ternak di lain tempat. Meskipun usaha jenis ini memiliki resiko yang lumayan tinggi mengingat faktor kematian ayam ternakan anda tetapi bila disertai dengan pengetahuan dan pengalaman yang mendalam tentu keuntungan usaha ternak ayam potong bisa berlipat-lipat. 

3. Usaha Reseller Produk
Selanjutnya, usaha rumahan yang menjanjikan adalah dengan menjadi reseller berbagai produk, misalnya produk makanan ringan, kosmetik, fashion impor, peralatan elektronik, handphone, obat-obatan, dan sebagainya. Dengan pemasaran secara online dan offline, peluang usaha jenis ini selalu terbuka karena kepraktisan dalam proses pelaksanaan dan minimnya resiko jenis usaha ini. 

4. Usaha Katering Makanan
Usaha kuliner selalu menjadi usaha primadona yang selalu menguntungkan di jaman sekarang. Bagi anda yang mahir memasak masakan dengan cita rasa yang lezat, memulai usaha katering makanan sangatlah menjanjikan. Keuntungan bersih yang dapat anda peroleh dari usaha kuliner biasanya bisa 100%. Selain itu, pemasaran yang efektif dengan mouth to mouth promotion dan pemberian bonus juga dapat berperan penting dalam larisnya usaha rumahan jenis ini. 

Dengan menggunakan beberapa panduan usaha rumahan yang menjanjikan serta memperhatikan jenis usaha rumahan yang menjanjikan diatas, diharapkan anda dapat menentukan jenis usaha rumahan yang tepat bagi anda dan seiring waktu dapat mengembangkan usaha rumahan anda tersebut. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...