Monday, May 6, 2013

Usaha Sablon

Usaha sablon sejak lama telah banyak dijalankan oleh para pelaku bisnis tetapi seiring waktu berjalan, kenyataannya banyak juga pelaku bisnis yang gulung tikar dan memilih untuk beralih ke usaha lain yang dianggap lebih menguntungkan dari usaha sablon. Saat ini, di pasaran hanya sebagian kecil usaha sablon yang masih bertahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin hari semakin meningkat. Minimnya jumlah pelaku bisnis usaha sablon di pasaran ini, bisa menjadi peluang bagi anda yang berminat terjun di bidang usaha yang relatif praktis pengerjaannya ini. 

Dengan modal kecil, anda bisa memulai usaha sablon manual yang hanya memerlukan peralatan sablon sederhana dengan harga yang terjangkau. Bagi anda yang mahir menggunakan aplikasi desain seperti Corel dan Photoshop, membuka usaha sablon dapat menjadi usaha yang menguntungkan. Hal ini mengingat anda hanya perlu menyiapkan sebuah unit komputer, printer, mesin sablon digital sebagai perlengkapan wajib pada awalnya guna memulai usaha sablon kecil-kecilan anda. Secara umum kelebihan usaha sablon terdapat pada segmentasi pasarnya yang baik dari skala kecil atau besar selalu diperlukan oleh pihak konsumen untuk beragam tujuan seperti untuk kemasan produk, logo, souvenir, fashion, dan lain sebagainya. 

Faktor-Faktor Penting dalam Usaha Sablon

Bagi para pelaku bisnis pemula yang berniat menekuni usaha sablon, berikut ini terdapat beberapa faktor penting yang wajib anda ketahui dan laksanakan.

Kenali Situasi Pasar
Sebelum memulai usaha sablon, anda harus mengenali dan mencermati keadaan pasar terlebih dahulu. Amatilah apakah di pasaran telah terdapat usaha sablon serupa serta perhatikan kekurangan dan kelebihan dari usaha sablon yang akan menjadi pesaing anda tersebut. Kemudian pikirkan spesifikasi khusus usaha sablon yang akan anda mulai, apakah anda akan memfokuskan pada sablon kaos, kemasan produk, souvenir, dst. Selain itu, pertimbangkan untuk melakukan inovasi baru dalam usaha sablon anda guna menarik minat konsumen. Anda dapat membuat desain sablon yang lebih menarik, mendesain tempat usaha secara unik, memberikan pelayanan yang lebih ramah, menetapkan harga sablon yang lebih rendah, memberi bonus hadiah, dan sebagainya. 

Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis
Setelah anda mengenali pasar, anda juga harus memikirkan pemilihan lokasi usaha sablon anda. Sebagai saran, pilihlah lokasi yang banyak dilewati pengunjung namun tidak bersebelahan dengan usaha sablon lainnya. Disamping itu, anda dapat mencoba membuka usaha sablon anda di lokasi atau ruko di dekat sekolah, kampus, atau perkantoran untuk menjaring banyak konsumen yang potensial. Apabila anda memiliki modal yang sangat terbatas dan tidak mencukupi untuk menyewa tempat usaha, anda dapat membuka usaha sablon kecil-kecilan di rumah anda sendiri dengan mengandalkan pemasaran secara online dan offline. 

Tingkatkan Skill anda
Agar usaha sablon anda dapat selalu bertahan, selalu cobalah untuk mengembangkan kemampuan atau skill yang dieprlukan dalam membuka usaha sablon misalnya skill mendesain, mencetak, dan packaging. Pelajarilah buku-buku keterampilan sablon, sumber-sumber tentang cara desain dari internet, serta carilah orang yang ahli dalam bidang usaha sablon untuk diajak berdiskusi dan sharing pendapat.  Tentunya, konsumen akan lebih tertarik dan setia menjadi pelanggan tetap pada usaha sablon yang memiliki kualitas sablon yang baik. Jika anda tidak begitu mahir mendesain, pertimbangkan untuk memperkerjakan karyawan yang mahir mendesain order sablon yang masuk. 

Perluas Pemasaran
Baik anda memutuskan memulai usaha sablon secara online maupun offline dengan membuka toko usaha sablon, anda sebaiknya memperluas jaringan pemasaran dengan pihak-pihak lain seperti event organizer, perusahaan, kampus, sekolah, usaha kecil rumahan, jasa dekorasi dll. Dengan bekerja sama dengan pihak-pihak tersebut, usaha sablon anda akan lebih dikenal dan menjaring konsumen baru. 

Miliki Sikap Mental yang Positif
Setiap pelaku bisnis yang sukses harus memiliki sikap mental yang positif agar dapat mengelola usahanya dengan baik dan konsisten. Anda harus optimis dan selalu yakin bahwa dengan kerja keras dan iman, anda dapat sukses menjalankan usaha sablon anda. 

Semoga dengan mengetahui beberapa faktor penting dalam usaha sablon diatas, artikel ini bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin secara serius terjun di bidang usaha sablon. Semoga berhasil dalam memulai usaha baru anda.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...