a

Monday, May 6, 2013

Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Pilihan untuk memulai usaha rumahan dengan modal kecil selalu dapat menjadi jalan keluar yang tepat bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Beragamnya masalah hidup dan tuntutan ekonomi yang kian hari kian meningkat sering mendorong kita agar memaksimalkan potensi dan keahlian khusus yang kita miliki ke dalam dunia usaha. 

Bagi anda yang memiliki modal kecil, anda tidak perlu patah arang selama anda memiliki niat yang kuat, tekad untuk kerja keras, dan keterampilan yang dapat menghasilkan uang. Dewasa ini, usaha rumahan modal kecil dapat dijalankan dengan mudah dan tidak menyita banyak waktu bagi anda yang berprofesi sebagai pelajar, karyawan kantoran atau ibu rumah tangga. 

Contoh Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Sebagai pertimbangan anda, di bawah ini akan dijelaskan beberapa contoh usaha rumahan dengan modal kecil. 

1. Usaha Pulsa Elektrik Rumahan
Kecilnya modal yang diperlukan guna membuka usaha rumahan pulsa elektrik serta kebutuhan masyarakat akan pulsa untuk keperluan komunikasi akan membuat usaha rumahan ini dapat bertahan dan tetap diminati konsumen. Di samping itu, anda dapat menggunakan fasilitas yang telah anda miliki seperti rumah tempat tinggal anda sebagai lokasi usaha dan handphone sebagai sarana usaha rumahan ini. Dengan modal ratusan ribu anda dapat melakukan deposit pulsa untuk dijual ke konsumen. Kelebihan usaha rumahan jenis ini adalah kepraktisan dan resiko yang relatif minim dibandingkan usaha produksi barang jadi seperti makanan, minuman, obat-obatan herbal, ternak binatang, dan lainnya.

2. Usaha Les Privat di Rumah
Dengan memanfaatkan kemampuan dan minat anda pada suatu mata pelajaran, anda dapat memulai usaha rumahan les privat dengan waktu yang fleksibel. Pergunakan ruang tamu atau siapkan ruang sederhana di sekitar rumah untuk menampung murid les anda. Sebagai langkah awal, anda dapat menawarkan jasa les privat pada tetangga sekitar, rekan kerja, saudara atau orang-orang yang anda kenal lainnya serta membuat spanduk sederhana untuk dipasang di depan rumah anda. 

3. Usaha Kuliner Rumahan
Usaha rumahan dengan modal kecil lainnya adalah usaha kuliner rumahan. Usaha kuliner rumahan ini ada bermacam-macam jenisnya. Anda dapat mengolah secara mandiri produk kuliner anda atau hanya sebagai reseller produk kuliner dengan pemasarannya secara online maupun offline. Selain itu, anda juga dapat berinisiatif memulai usaha katering rumahan, usaha gorengan rumahan, atau usaha warung makan dengan bantuan anggota keluarga, tetangga atau orang yang anda percayai.

4. Usaha Kerajinan Rumahan
Selanjutnya, bagi anda yang mahir dalam membuat kerajinan tangan seperti ukiran, rajutan, boneka dari kain perca, tas unik dari plastik limbah rumah tangga, souvenir pernikahan dari kain flannel, dsb, anda dapat membuka usaha kerajinan rumahan kecil-kecilan. Dengan modal kecil yang berkisar antara ratusan ribu rupiah, anda dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda jika didukung dengan promosi yang efektif dan produk kerajinan tangan yang berkualitas dan unik. Sebagai masukan, anda dapat menambah keterampilan dan melakukan inovasi produk kerajinan anda melalui media internet, buku, serta mengikuti kursus pelatihan keterampilan. 

5. Usaha Rental Rumahan
Usaha rumahan dengan modal kecil berikutnya adalah berbagai jenis usaha rental rumahan, misalnya usaha rental play station, usaha rental komputer, usaha rental komik dan rental film. Tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa tempat usaha, anda dapat juga memanfaatkan peralatan elektronik pribadi anda seperi komputer, TV, atau play station sebagai sarana usaha rental rumahan anda. 

Selain usaha rumahan dengan modal kecil yang telah dijelaskan diatas, banyak juga alternatif usaha rumahan modal kecil lainnya yang dapat anda coba untuk mulai seperti usaha laundry rumahan, usaha toko kelontong, usaha cuci motor, usaha penjahitan baju, dan sebagainya. Mulailah usaha rumahan dengan modal kecil dari sekarang dengan mempertimbangkan potensi diri anda serta jangan lupa untuk selalu jeli mengamati peluang yang ada sekitar lingkungan anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...