a

Friday, May 3, 2013

Bisnis Sepatu

Di jaman modern ini, sepatu bukan hanya menjadi pelengkap penampilan namun telah menjadi koleksi bagi banyak orang untuk digunakan di berbagai suasana dan acara. Terlebih lagi, kaum hawa sangat menggemari aksesoris fashion yang satu ini karena sepatu dapat mengubah suasana hati dan membantu mempercantik penampilan. Karena sepatu selalu dibutuhkan oleh banyak orang, bisnis sepatu bisa berpeluang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan bila dikelola serius dan kreatif.

Macam-Macam Bisnis Sepatu

Berikut ini akan dijelaskan tiga macam bisnis sepatu yang biasanya banyak dilakukan di masyarakat.
1. Bisnis Sepatu Konvensional/Offline
Jenis bisnis sepatu ini dilakukan secara konvensional dengan membuka toko sepatu tradisional. Sepatu yang dipasarkan di toko sepatu ini bisa bervariasi mulai dari produk sepatu handmade, sepatu kulit, sepatu olahraga, sepatu high heels, dan lain sebagainya sesuai dengan situasi pasar dan trend yang sedang berkembang. Untuk cara promosinya dapat dilakukan dengan membagikan brosur atau menyediakan katalog untuk menarik minat konsumen. 

2. Bisnis Sepatu Online
Bisnis sepatu dapat juga dijalankan secara online dengan membuka toko online atau menawarkan produk sepatu melalui jejaring sosial dan website jual beli gratis. Kelebihan bisnis sepatu online terdapat pada kepraktisan dan waktunya yang lebih fleksibel karena anda bisa mengelola bisnis sepatu online ini kapanpun di waktu luang anda. 

3. Distributor Sepatu
Dengan menjadi distributor sepatu atau stokis, anda memerlukan modal yang lumayan mengingat kuantitas pembeliannya yang dituntut dalam jumlah besar atau secara grosir. Keuntungan menjadi distributor sepatu atau stokis adalah anda dapat menjual kembali pada toko-toko sepatu di lingkungan anda dengan harga yang sedikit lebih mahal menyesuaikan dengan harga pasaran. 

Panduan Membangun Bisnis Sepatu

Bagi anda yang tertarik untuk terjun di bidang bisnis sepatu, anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini demi berkembangnya bisnis sepatu anda. 

1. Pelajari cara operasional bisnis sepatu dengan berdiskusi dengan orang yang telah sukses berbisnis sepatu dan mencari informasi melalui sumber internet dan buku-buku bisnis. Bagi anda yang memiliki kreatifitas dalam mendesain sepatu, kembangkanlah keahlian anda dengan mengikuti training dan kursus keterampilan membuat sepatu handmade yang diselenggarakan di kota anda. 

2. Pertimbangkan kualitas, harga dan jenis produk sepatu yang akan anda jual dengan melihat situasi ekonomi di sekitar anda. Terlebih dahulu, anda harus mempertimbangkan kisaran harga yang tepat bagi produk anda. Pikirkan pula apakah anda akan menjual jenis sepatu High End atau Low End ke target konsumen anda. Selain itu, pergunakan kualitas bahan sepatu yang awet demi menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen anda. 

3. Tentukan lokasi bisnis sepatu dengan tepat di tempat yang strategis dan ramai pengunjung. Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa ruko di lokasi dekat sekolah, kampus, atau perkantoran. Apabila anda membuka toko online, pikirkan juga untuk memperluas pemasaran melalui forum-forum yang ramai pengunjung seperti Kaskus.  

4. Memberikan servis terbaik bagi pelanggan sangat penting dilakukan agar bisnis sepatu anda tidak kalah dengan pesaing lain. Sebagai saran, anda dapat menyediakan jasa delivery atau pemberian bonus hadiah untuk menarik pengunjung.

5. Pekerjakanlah karyawan yang kompeten dan memiliki kerja tim yang solid. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya jenis sepatu dengan istilah khusus seperti wedges, stiletto, flat, platform, ankle boots, dst yang patut dikuasai oleh penjual. Disamping itu, dengan kerja tim yang solid dalam pemasaran, proses pembuatan, dan manajemen operasional, suatu bisnis akan cepat berkembang. 

Semoga artikel mengenai macam-macam bisnis sepatu dan cara mengembangkan bisnis sepatu dapat bermanfaat bagi anda para pelaku bisnis yang berniat menggeluti usaha di bidang ini. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...