a

Thursday, April 18, 2013

Investasi Murah

Dalam berinvestasi, setiap pribadi cenderung memiliki kecocokan tersendiri dengan suatu jenis investasi. Sebagai contoh, ada orang yang lebih berhasil melakukan investasi emas, sedangkan ada orang lain yang lebih cocok dengan investasi properti seperti tanah dan bangunan. Selain besarnya modal investasi yang diperlukan, keunikan karakter dari masing-masing orang memiliki peran penting dalam kesuksesan berinvestasi. Bagi pemula yang ingin berinvestasi, sebaiknya anda memilih jenis investasi murah terlebih dahulu guna mengetahui kecocokan anda dalam menjalankan jenis investasi tersebut.

Bagi pemula, mencoba peruntungan dengan investasi murah yang bermodal kecil tentunya akan dapat meminimalkan resiko kerugian dan dapat digunakan sebagai tahap pembelajaran awal dalam berinvestasi. Jenis investasi murah dengan modal kecil yang dapat anda coba sebagai pemula adalah emas, deposito dan reksadana. 

Emas sebagai Investasi Murah

Logam mulia atau emas sangat cocok digunakan sebagai investasi murah mengingat harga emas yang dapat dijangkau oleh masyarakat dari kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas. Dengan modal kecil yaitu ratusan ribu hingga jutaan rupiah, anda dapat membeli emas perhiasan atau koin emas di toko-toko perhiasan dan menjualnya kembali saat harga emas melonjak di pasaran. Keuntungan investasi emas adalah mudahnya proses jual kembali dan harganya yang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Meskipun begitu, emas sebagai investasi murah lebih berfungsi sebagai investasi jangka panjang daripada investasi jangka pendek. 

Deposito sebagai Investasi Murah

Penempatan dana di bank dalam bentuk deposito juga merupakan salah satu contoh investasi murah yang populer dan dapat anda lakukan. Dengan dana minimum sekitar Rp. 10.000.000,- anda sudah bisa membuka rekening deposito di bank. Ada beberapa jangka waktu yang bisa anda untuk deposito tersebut yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun. Sebelum memutuskan untuk menempatkan dana dalam bentuk deposito, akan lebih bijaksana apabila anda melakukan perbandingan suku bunga deposito yang ditawarkan di bank-bank yang berbeda. Hal ini perlu dilakukan agar anda mendapatkan suku bunga tertinggi yang lebih menguntungkan. 

Reksadana sebagai Investasi Murah

Berikutnya, saat ini reksadana juga menjadi pilihan investasi murah bagi investor pemula yang bermodal kecil dan tidak memiliki banyak waktu. Investor pemula dapat memilih jenis reksadana pasar uang yang berdasarkan pada penempatan investasi. Sebagai informasi, reksadana atau mutual fund adalah jenis investasi yang menghimpun dana dari banyak pihak untuk kemudian dilakukan pembelian obligasi, saham, atau instumen finansial lainnya yang mendukung. Kelebihan dari investasi dalam bentuk reksadana adalah tidak diperlukannya keahlian dalam menghitung resiko kerugian dalam investasi reksadana tersebut. Keuntungan dalam investasi reksadana ini sangat sesuai bagi investor pemula yang masih kesulitan dalam melaksanakan prosedur dan tata cara investasi reksadana. Cara berinvestasi reksadana tidak begitu rumit dan cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengunjungi agen penjual reksadana yang berlisensi atau manajer investasi lalu mereka akan membantu anda dalam menentukan jenis reksadana yang paling sesuai dengan profil resiko anda. Perlu anda ketahui semakin tinggi profil resiko reksadana, akan semakin besar pula dana yang akan anda keluarkan atas reksadana tersebut. Reksadana terdiri dari berbagai macam jenis dengan profil resiko yang berbeda. Secara umum, ada empat jenis reksadana di pasaran yaitu reksadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana tetap, dan saham. Sebagai investasi dengan modal kecil, disarankan untuk memilih reksadana pasar uang yang dapat tersedia mulai dari Rp. 100.000.- hingga Rp. 1.000.000.000,-. Selain mendatangi agen penjual reksadana dan manajer investasi, anda juga dapat melakukan investasi reksadana melalui bank-bank penyedia jasa investasi reksadana seperti Bank Mandiri, Bank Panin, atau Bank Commonwealth. Apabila memilih bank untuk berinvestasi reksadana, anda nantinya akan mendapatkan suatu rekening investasi yang didalamnya menerangkan jumlah dan besaran dana investasi reksadana anda. 

Dengan demikian, sebagai pemula, tiga jenis investasi murah yang telah dijelaskan diatas bisa anda coba untuk lakukan mengingat relatif minimnya resiko dan dana yang anda perlu keluarkan. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...