a

Friday, April 5, 2013

Bisnis Warnet


Di jaman serba canggih dan modern ini, setiap orang cenderung tidak dapat lepas dari penggunaan media elektronik dan teknologi seperti internet. Interconnected network atau yang disingkat dengan internet memungkinkan setiap orang untuk mengakses info-info terbaru, menjalin sosialisasi dengan teman, dan mengetahui berbagai berita dari seluruh dunia. Seiring waktu, kebutuhan akan akses internet sekarang telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Apabila anda jeli mengamati hal ini, sebenarnya membuka bisnis warnet dapat menjadi peluang usaha yang sangat potensial. 

Bisnis warnet atau warung internet sangat menjanjikan karena setiap orang dari berbagai kalangan baik pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, maupun pekerja selalu membutuhkan akses internet untuk menunjang hidup dan pekerjaan mereka. Untuk memulai bisnis warnet ini, anda perlu mempersiapkan modal anda serta terlebih dulu mempertimbangkan beberapa hal penting yaitu:

1. Situasi Pasar dalam Bisnis Warnet
Sebelum memulai bisnis warnet, anda harus melakukan survey kecil dengan mengamati kondisi pasar dalam bisnis warnet. Apakah anda memiliki lokasi strategis untuk bisnis warnet anda? Apakah masyarakat di sekitar lokasi tersebut masih membutuhkan akses internet? Sebagai saran, anda harus memastikan pemilihan lokasi bisnis yang sesuai sehingga bisnis anda di masa depan dapat berkembang. Pertimbangkan untuk memilih lokasi di sekitar kampus, perkantoran atau sekolah yang masih jarang ditemui usaha warnet. 

2. Konsep Bisnis Warnet Anda
Memiliki konsep yang jelas dalam bisnis warnet sangat penting. Hal ini berguna supaya bisnis warnet anda lebih tepat pada target sasaran. Sebagai contoh, anda bisa memikirkan apakah anda ingin menjadikan bisnis warnet anda sebagai tipe bisnis warnet game online atau tipe cafĂ© yang menyediakan beragam snack, makanan dan minuman ringan. 

3. Persiapan dan Kesiapan dalam Menjalankan Bisnis Warnet
Selain itu, faktor penting dalam kesuksesan bisnis warnet adalah kesiapan dana guna menyediakan sarana dan prasarana penunjang utama bisnis warnet anda seperti beberapa unit komputer, printer, meja, kursi, sumber daya manusia, serta biaya tambahan lain untuk operasional, pajak, listrik, promosi sewa lokasi, dan renovasi. Mengingat dapat timbulnya biaya-biaya yang tidak direncanakan seperti biaya perijinan, reparasi, dan maintenance komputer atau printer, sebaiknya anda mempersiapkan dana cadangan yang terpisah dari modal awal. Anda perlu memikirkan juga untuk lebih memperdalam pengetahuan serta keahlian anda dalam bidang IT sehingga dapat mempermudah anda dalam operasional bisnis warnet anda. Pada umumnya, bisnis warnet dapat menggunakan jenis komputer berspesifikasi standar atau tinggi yang dapat anda sesuaikan dengan budget atau dana yang anda punyai. Disamping itu, penggunaan software dan pemasangan koneksi internet juga menjadi hal mutlak dalam bisnis warnet. Bagi pemula yang berminat membuka bisnis warnet sederhana, anda dapat mengunduh atau membeli software khusus guna mengatur sistem operasional warnet anda tersebut. Pemilihan jenis koneksi internet yang stabil dengan harga yang terjangkau sangat disarankan demi keuntungan bisnis warnet anda. Berdiskusi dengan rekan yang mengerti IT akan dapat lebih membantu anda dalam kelancaran persiapan bisnis warnet anda. Selain itu, servis yang baik kepada pelanggan juga memiliki peran penting dalam kemajuan bisnis sebuah warnet. Anda dapat memperkerjakan seorang yang ahli dalam operasional warnet sebagai operator warnet yang kompeten dalam melayani kebutuhan pelanggan serta keluhan dan kendala yang mungkin dihadapi oleh pelanggan warnet anda nantinya. 

Setelah anda mengetahui beberapa hal penting sebagai panduan memulai bisnis warnet, saya harap anda dapat segera memulai bisnis warnet anda dengan baik dan terencana. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...