Friday, February 22, 2013

Bisnis Toko Perlengkapan ATK

Kebutuhan alat tulis kantor dan sejenisnya dirasa sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk memenuhi kebutuhan para pelajar atau mahasiswa, juga bagi para karyawan atau masyarakat umum yang memang sedang membutuhkannya. Kelengkapan peralatan yang tersedia menjadi nilai tambah bagi usaha ini karena hal tersebut akan memudahkan konsumen untuk mencari kebutuhannya. Jenis-jenis barang yang dapat Anda jugal terdiri dari beragam pulpen, spidol, pensil, penghapus, isi pensil mekanik, serutan pensil, buku tulis, block note, kuitansi, nota bon, amplop surat beragam ukuran, beragam jenis map (kertas, plastik), kertas dan plastik sampul, binder clip, paper clip, tip ex, gabus (styrofoam), lem, selotip, doubletape, stapler, isi stapler, kertas HVS, kalkulator, CD/DVD blank, dan sebagainya.

A. Memulai Bisnis
Saat hendak memulai bisnis ini, hal-hal yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pilihlah lokasi yang strategis untuk berjualan, misalnya di lingkungan sekolah, kampus, perkantoran, atau ruko komplek perumahan yang ramai.
  • Mengetahui sumber tempat penjualan grosir barang-barang yang hendak Anda jual. Pilihlah tempat yang memberikan diskon khusus dan harga yang miring.
  • Buatlah daftar barang-barang apa saja yang hendak Anda jual. Ingat, prioritaskan barang-barang yang mudah terjual dahulu sebelum Anda menambah stok barang baru sebagai koleksi jualan Anda.
  • Pilihlah barang-barang yang berkualitas sedang ke kualitas tinggi untuk menjamin mutu dan kepercayaan pelanggan terhadap barang jualan Anda.
B. Hambatan Bisnis
Setiap usaha pasti memiliki resiko atau hambatan-hambatan tertentu. Nah, dalam usaha ini, beberapa hambatan yang dapat terjadi, yaitu sebagai berikut.
  • Lambannya perputaran uang atau modal karena barang jualan Anda tidak lakuk dalam waktu yang cepat.
  • Jika barang-barang tersebut sudah terlalu lama tersimpan akan mengurangi kualitas kebaruan barang tersebut sehingga konsumen kurang puas.
  • Peralatan alat tulis kantor ini sifatnya agak lama habisnya. Jadi, konsumen cenderung membutuhkan waktu yang agak lama pula untuk kembali membeli barang pengganti baru.
C. Strategi Bisnis
  • Berlakukan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko lain atau sedikit lebih rendah dari pasaran. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menyurvei terlebih dahulu harga-harga yang berlaku di pasaran. Ingat, meskipun berselisih Rp 500,00, konsumen tentu teap lebih tertarik berbelanja di toko yang lebih murah tersebut dan akan setia menjadi pelanggan.
  • Lakukan system self service bagi pelanggan sehingga leluasa dalam berbelanja, tetapi tetap dalam pengawasan Anda atau karyawan toko Anda.
  • Peka terhadap kepentingan konsumen. Misalnya, dengan menerima saran pengadaan barang atau koleksi baru yang Anda tidak ketahui sebelumnya. 
  • Tata ruangan toko Anda dan display barang-barang jualan serapi dan semenarik mungkin sehingga memudahkan konsumen untuk mencari dan mendapatkan apa yang dibutuhkannya.
  • Selalu ramah terhadap konsumen.
by 99 Bisnis
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...