a

Monday, January 21, 2013

Peluang Usaha di Rumah

Usaha rumahan adalah salah satu cara berbisnis yang bisa dilakukan siapa pun. Sebab, mereka tidak perlu lagi memikirkan lokasi usaha atau biaya sewa. Semua prosesnya cukup dilakukan di rumah, diawasi, serta dipantau dari rumah. Itulah esensi bisnis rumahan.

Karena dilakukan di rumah, biasanya pengelola kurang memperhatikan masalah laporan keuangan. Pencatatan atas setiap transaksi sering diabaikan. Padahal, pembukuan harus dilakukan sejak awal, seperti membuka bisnis skala besar. Biasanya bisnis rumahan rawan tidak teliti di aspek pembukuan. Di awal usaha orang cenderung meremehkan dan berpikir melakukan pembukuan kalau sudah agak besar. Padahal, dengan pembukuan yang jelas kita bia tahu proses keluar masuk keuangan.

Pencatatan keuangan yang jelas akan membawa dampak positif terhadap bisnis. Ketika bisnis mulai membesar dan butuh bantuan pendanaan, aset serta kondisi keuangan sudah terekam dengan baik. Atau jika tidak bisa melakukan pembukuan dengan baik, lebih baik jika jalur keluar masuk uang dilakukan melalui bank sehingga nantinya semua bisa dilihat di mutasi.

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis rumahan adalah studi kelayakan. Dalam hal ini, calon pengusaha perlu memastikan segmen dan target pasar yang jelas. Tak perlu ribet-ribet, Cukup lakukan survei simpel dengan bertanya kepada orang-orang terdekat, seberapa besar minat dan kebutuhan mereka terhadap barang yang akan Anda produksi.

Hal lain yang tak kalah penting adalah mendetailkan kebutuhan pasar, yakni mengetahui produk seperti apa dengan harga berapa yang diminati pasar. Jadi, keputusan berbisnis bukan hanya berdasar bisa membuat produk apa, tapi juga bisa memasarkannya.

Untuk pemasaran, peluang usaha di rumah tidak perlu khawatir dengan pemasaran. Tidak harus seperti perusahaan besar yang mengadakan promosi melalui berbagai macam aspek, seperti iklan TV, banner dan semacamnya. Industri rumahan bisa mengadakan pemasaran lewat pembicaraan mulut ke mulut ataupun melalui media internet yang sekarang ini sedang marak seperti facebook dan twitter.

Bagi Anda yang sedang mencari-cari ide peluang usaha di rumah, silahkan baca artikel-artikel kami  tentang bisnis rumahan.
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...