a

Saturday, January 19, 2013

Kembangkan Ketrampilan Negosiasi

Hidup penuh dengan negosiasi. Kita melihat anak kecil sudah mulai mengembangkan ketrampilan ini saat mereka harus makan sayuran. Kita bernegosiasi dengan mereka: 'Makan brokoli itu dulu, nanti kamu boleh makan es krim.' maka keputusan ada di tangan mereka. Seberapa ingin mereka makan es krim? 'Jika saya makan brokoli itu setengah, apa saya boleh makan setengah es krim?' Negosiasi ini akan berjalan bolak-balik. Ada beberapa hal yang tidak bisa dinegosiasikan, tapi ada juga beberapa hal yang fleksibel, biasanya tergantung dari level energi orang tua.

Ketrampilan bernegosiasi yang baik adalah aset yang bisa digunakan sepanjang hari setiap hari. Coba bedakan antara bernegosiasi dan bersikap keras dalam berbisnis. Hasil ideal dari negosiasi adalah kedua pihak pulang dengan tingkat kepuasan tertentu. Untuk bernegosiasi, Anda harus bersikap fleksibel dan bersedia mendengarkan sudut padang pihak lain.

Orang-orang paling suskes adalah negosiator ulung. Banyak orang berpikir bahwa ketrampilan ini adalah suatu kemampuan yang alami. Salah besar. Banyak dari orang-orang ini menyadari bahwa untuk bisa menang dalam setiap situasi berarti harus ada orang yang kalah. Dengan demikian, hubungan menjadi rusak, orang-orang menjadi enggan bekerja sama dengan Anda lagi, dan seterusnya. Orang-orang yang pandai ini telah menyadari bahwa mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan bersikap fleksibel dan membuat oponen mereka merasa sebagai pemenang juga. Kunci untuk negosiasi yang sukses sebagai berikut.

  • Perjelas hasil akhir yang diinginkan dalam benak Anda. Anda tidak akan mau menerima kurang dari ini.
  • Lihat situasi dari sudut pandang pihak lawan.
  • Bersikap sabar dan jangan pernah kehilangan ketenangan Anda.
  • Tanyakan pada pihak lawan apakah mereka bahagia dengan hasil yang dicapai pada akhir negosiasi.
  • Bersiap-siap untuk mundur.
Tersedia banyak kursus berbeda untuk ketrampilan negosiasi. Sangat direkomendasikan untuk meluangkan waktu dan mengikuti kursus tersebut. Anda akan takjub dengan banyaknya aspek hidup yang bisa merasakan manfaat dari ketrampilan bernegosiasi yang baik. Jika Anda belum punya waktu untuk mengikuti kursus ini, perhatikan dua anak kecil yang sedang membahas barter mainan, maka Anda akan melihat semua ketrampilan yang dibutuhkan dipraktekkan di hadapan Anda.
by Andrew Griffiths
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...