Sunday, December 30, 2012

Memulai Bisnis

Sudah pasti, memulai bisnis membutuhkan keberanian yang besar. Tapi jangan salah, setiap orang pasti mampu melakukannya. Asal Anda memiliki kemauan dan keyakinan yang kuat, usaha apa saja pasti bisa Anda lakukan. Namun jangan tergesa-gesa, usaha Anda akan lebih terasa menjanjikan dan menyenangkan bila sesuai dengan kepribadian Anda. Silahkan simak beberapa tips berikut ini.

1. Kembali Kenali Diri Sendiri
Hanya diri Andalah yang paling mengerti karakter pribadi Anda. Namun karena terlalu sering melakukan banyak hal, Anda terkadang lupa potensi diri Anda. Mulailah membuat list mengenai hobi, kegemaran, keahlian, dan aktivitas sehari-hari yang menyenangkan. Peluang itu yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha. Lebih menyenangkan bukan, kalau usaha yang nantinya Anda geluti sesuai dengan kegemaran Anda. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sudah untung, kebahagiaan terpenuhi.


2. Mencari Peluang Usaha
Untuk mencari peluang usaha, ada banyak jalan yang bisa Anda tempuh.

  • Langkah paling mudah adalah berkunjung ke teman-teman atau rekan Anda yang telah memulai bisnis lebih awal. Ungkapan kepada mereka mengenai keinginan Anda untuk mencari produk atau usaha tertentu. Tanyakan pada mereka apa saja yang biasa mereka lakukan, bagaimana mereka memulai usaha atau bisnis, bagaimana rencana usahanya ke depan, bagaimana mereka menyiasati persaingan, mengelola resiko, serta menilai dan memenuhi kebutuhan pasar.
  • Jika Anda gemar membaca buku serta sering pergi ke toko buku, saat ini banyak sekali buku-buku berupa ide serta kiat-kiat untuk memilih dan memulai usaha. Begitu pula dengan surat kabar harian, di sana sering memuat perkembangan peluang usaha yang tengah marak.
  • Bagi Anda yang sering bepergian atau berjalan-jalan, baik di dalam atau ke luar kota, coba perhatikan tempat-tempat di sepanjang perjalanan Anda. Pasti terdapat berbagai potensi usaha yang bisa dilihat, semisal kerajinan, makan atau minuman tradisional, dan sebagainya yang bisa menginspirasi Anda. Sekali waktu, coba luangkan waktu untuk bertukar pikiran dengan para pebisnis sukses yang Anda temui.
  • Dari hasil observasi sementara yang Anda lakukan, tandai beberapa jenis peluang usaha yang sekiranya Anda minati. Buat daftar kelebihan dan kekurangan masing-masing peluang usaha. Pastikan usaha yang nantinya Anda pilih sesuai dengan minat, modal, SDM, aspek pemsaran, aspek produksi dan operasional, serta legilitasnya.
Selain memerlukan keberanian yang besar, memulai bisnis juga dilandasi dengan sikap kehati-hatian. Dari beberapa jenis usaha yang Anda minati, pilih salah satu yang benar-benar memungkinkan untuk dilaksanakan. Perincian yang matang akan memberikan hasil yang optimal. Anda pasti tidak ingin usaha Anda berjalan hanya sebagai pengisi waktu luang. Targetkan keinginan Anda untuk melakukan yang terbaik demi keluarga dan lingkungan Anda.
by Ivana Lestari
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...