a

Saturday, November 24, 2012

Jurus Marketing Badawi

Apakah Anda pernah mendengar atau mengenal kata "Badawi"? Benar. Badawi adalah perdana menteri negara tetangga kita, Malaysia. Pada tahun 2002 Malaysia mengeluarkan undang-undang yang mengancam pendatang ilegal (termasuk TKI ilegal). Jika undang-undang itu dilanggar, para pelanggarnya akan dikenakan hukuman penjara atau denda yang tinggi, belum lagi ditambah hukuman cambuk. Ribuan TKI diusir dari Malaysia, dengan ancaman hukuman yang sangat berat tersebut jika undang-undang itu tetap dilanggar. Meskipun demikian, masih banyak TKI yang menetap di Malaysia. Oleh karena itu, hingga tahun 2004 dan 2005 pelaksanaan penerbitan para TKI ilegal itu semakin diperketat.
Untuk itu, pemerintah Malaysia memberikan tenggang waktu selama 2 bulan kepada para TKI ilegal untuk meninggalkan Malaysia. Awal tanggal pengampunannya adalah 29 Oktober 2004. Meskipun sebelumnya para TKI ilegal sudah diberi peringatan tegas, ternyata belum ada TKI yang dicambuk (atau mungkin sudah ada, namun belum diberitakan secara besar-besaran). Setelah batas waktu yang ditentukan usai dan para TKI ilegal tidak menghiraukannya, hukuman berat benar-benar akan diberlakukan. Memang benar, beberapa TKI ilegal benar-benar dihukum cambuk dan beritanya diekspos di pelbagai media massa yang ada. Dengan demikian, para TKI ilegal pun mulai berpikir berulang kali untuk tetap bertahan di Malaysia. Sistem yang diberlakukan oleh negara Malaysia untuk menimbulkan efek jera kepada para TKI ilegal untuk datang ke negara tersebut memang sangat efektif.

Demikian pula halnya dengan bisnis kita. Sebagai contohnya, jika kita sering mengikuti seminar-seminar bisnis, biasanya dalam setiap seminar yang diadakan seringkali ada back end sale oleh pembicara, yakni menjual di akhir seminar. Dalam menjual produk itu, biasanya diberikan batas waktu dan batas jumlah orang yang berhak mendapatkannya. Terkadang yang menjual sengaja mengulur waktu jika ada beberapa peserta yang masih ragu untuk membelinya, sampai akhirnya mereka membelinya. Namun, lalu ada penegasan bahwa setelah pernyataan yang terakhir, produk tersebut benar-benar sudah tidak bisa dibeli lagi karena produk habis dan masa waktu pembeliannya juga habis. Dengan demikian, meskipun ada beberapa orang yang setengah memaksa untuk membeli produk tersebut, penjual mengatakan kepada mereka bahwa produk itu memang benar-benar habis. Jika mereka bersedia, mereka harus menunggu selama 6 bulan dalam seminar berikutnya. Penjual benar-benar tegas dengan batas waktu dan batas orang yang membeli produk itu. Cara ini menimbulkan dampak tertentu, yang menyadarkan para calon pembeli bahwa penjualan itu memang benar-benar terbatas. Dengan begitu, di kemudian hari ketika mereka mendapatkan peluang, mereka menjadi lebih berani untuk melakukan pembelian awal karena takut benar-benar kehabisan produk yang mereka inginkan. Sekali lagi intinya adalah Marketing harus baik.
by TDW
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...