a

Thursday, April 18, 2013

Tanya..Tanya..dan Tanya

Pernahkah Anda berada di dalam pesawat dan Anda lupa membawa bahan bacaan sehingga Anda resah dan kebingungan mencari kegiatan untuk mengisi waktu? Lalu, Anda melihat ke depan dan di sana ada seorang bapak yang baru saja membaca majalah yang menarik perhatian Anda. Anda ingin meminjamnya namun Anda ragu dan mungkin malu atau takut ditolak, sehingga Anda mengurungkan niat itu. Pertanyaan saya, apa yang terjadi jika Anda meminta? Saya yakinkan Anda kemungkinan besar Anda diperbolehkan untuk membacanya. Atau, hasil yang terburuk pun hanyalah Anda ditolak.

Bagaimana perasaan Anda ketika Anda merasa takut untuk meminta padahal Anda sangat menginginkannya? Saya yakin Anda merasa tertekan. Mungkin Anda berkata dalam hati, "Ah, ini hal sepele dan tidak apa-apa kalau saya tidak mendapatkannya." Bagaimana jika Anda dihadapkan pada situasi yang lebih serius lagi, seperti meminta kenaikan gaji, meminta orang lain berhenti merokok karena anak Anda sedang sakit pernapasan, meminta pelanggan untuk membeli tiga buah dibandingkan satu buah? Sebagai seorang trainer, coach, dan penulis buku, satu hal yang paling saya ketahui adalah bahwa kesuksesan seseorang di dunia ini karena mereka mempunyai keberanian lebih untuk "meminta" (ask).

Henry Ford pemah ditanya oleh seorang agen asuransi yang telah lama mengenalnya, mengapa Ford tidak pernah memberikan bisnis kepadanya walau sekali saja. Betapa kagetnya si agen ketika Ford menjawab, "Karena Anda tidak pernah memintanya pada saya." Jika kita mengingat masa kita kecil, senjata utama kita adalah meminta melalui rengekan, berguling-guling, ataupun dengan menangis sekeras-kerasnya. Seorang anak kecil ketika menginginkan sesuatu akan selalu meminta.

Namun, ketika kita beranjak dewasa dan seiring dengan seringnya kita diberi tahu bahwa tidak semua hal dapat kita peroleh, kita mulai menjadi ragu untuk meminta. Seorang karyawan menjadi ragu meminta kenaikan gaji walaupun ia telah bekerja dengan sungguh-sungguh dan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan. Seorang istri takut meminta suaminya untuk berlibur, seorang sales khawatir pelanggannya menolak sehingga tidak berani memintanya untuk membeli. Jika Anda mulai menggunakan teknik meminta ini dengan keyakinan yang positif dan tidak mudah menyerah sampai Anda mendapatkannya, Anda akan mendapatkan hasil yang sangat mengagumkan.

Para juara yang berhasil di setiap bidang kehidupan memiliki kemampuan ini, hal ini lebih dikenal sebagai karakter persisten. Ingat cerita Kolonel Sanders, ia mengetuk pinta ke-1.009 untuk mendapat persetujuan dari investor yang membuat KFC dikenal di seluruh dunia. Sylvester Stallone meminta audisi kepada lebih dari seribu agensi untuk mendapat sebuah peran. Dua orang penulis buku yang memuat cerita-cerita inspirasional berkeliling mencari penerbit untuk menerbitkan buku mereka. Penerbit pertama menolak buku mereka demikian juga penerbit yang kedua, ketiga, sampai ke-33. Namun, mereka memiliki sikap pantang menyerah dan memberanikan diri untuk mengirimkan naskah bukunya kepada penerbit yang ke-34, alhasil buku Chicken Soup for the Soul mampu menorehkan penjualan fantastis melebihi 80 juta eksemplar. Jack Canfield dan Mark Victor Hansen sangat menyadari pentingnya melewati kegagalan demi kegagalan sebelum mencapai tujuan yang mereka idam-idamkan. Anda mungkin memiliki perasaan kecewa ketika Anda gagal, namun Anda jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak pernah mencobanya.

Memang, Anda tidak mungkin selalu berhasil dalam setiap usaha Anda. Seorang salesman terbaik sekalipun sadar bahwa ia tidak mampu memiliki closing rate 100%, seorang pebisnis terhebat sekalipun sadar bahwa tidak selalu investasi yang dipilihnya menguntungkan. Saya teringat akan usaha saya meminta surat endorsement kepada beberapa penulis dan pembicara motivasi hebat dunia. Syukur, pada akhirnya saya mendapatkan beberapa penulis yang mendukung niat saya setelah berkali-kali meminta kepada mereka. Namun, ada juga beberapa penulis yang dengan alasan tertentu menolak permintaan saya. Salah satunya adalah Zig Ziglar, entah sudah berapa surat yang saya layangkan khusus kepada Mr. Zig meminta agar diberi surat endorsement namun tetap tidak membuahkan hasil. Pada akhirnya, dalam surat terakhirnya, ia mengakui persistensi saya dalam meminta endorsement kepadanya namun ia tetap menolak, karena perusahaannya tidak mengizinkan memberikan endorsement kepada orang yang tidak dikenalnya. Saya merasakan kegagalan ini, namun setelah berpikir sejenak saya merasa tidak gagal, karena Zig Ziglar dalam suratnya yang terakhir kepada saya membubuhkan tanda tangannya yang ash. Hal ini tentu merupakan suatu kehormatan bagi saya, karena tidak banyak orang di Indonesia yang memiliki tanda tangan pribadi Zig Ziglar. Ingatlah dan arahkanlah tembakan Anda jauh ke bintang-bintang, karena seandainya tidak sampai pun anak panah itu masih mendarat di bulan. Jika Anda tidak meminta, Anda pasti tidak mendapatkan apa-apa. Namun jika Anda meminta, ada dua hal yang akan Anda dapatkan pertama, berhasil dan kedua ditolak. Namun, Anda bisa belajar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Seseorang yang bertanya akan terlihat bodoh selama lima menit, namun ia yang tak bertanya akan tetap bodoh selamanya
By: Chinese Proverb

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...