Wednesday, February 20, 2013

Cara Hidup Sukses

Jerry Clark (seorang pelatih performance) menjelaskan cara hidup sukses dalam bentuk "segitiga sukses". Menurut Clark, ada tiga faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan  seseorang, apa pun pekerjaannya dan apa pun yang ia perbuat - baik dalam bisnis, penjualan, investasi, melukis, dan lain-lain. Untuk mencapai keberhasilan dalam apa pun yang kita kerjakan, kita harus MENGUASAI ketiga faktor penting ini. Kita harus menguasai komunikasi internal kita, komunikasi eksternal kita, dan pengetahuan teknis yang diperlukan di dalam bidang kita.

Sebelum dijelaskan setiap hal secara detail, perhatikan bahwa Clark menggunakan kata "menguasai". Ia tidak memakai kata "menyadari", "mempelajari", atau "mengetahui". Menguasai sesuatu berarti Anda sudah memilikinya di dalam diri dan dapat menggunakannya kapan pun diperlukan. Ini berarti Anda punya "kendali".

Kedengarannya sangat nikmat! Bisa memiliki kendali akan sesuatu dan bisa menggunakannya kapan pun kita memerlukannya! Hebat! Tetapi, untuk dapat menguasai sesuatu biasanya membutuhkan keempat hal berikut:

1. Waktu. Dalam banyak hal, Anda tidak dapat menguasai sesuatu dalam sekejap. Anda membutuhkan jangka waktu tertentu, mungkin 1 bulan, 1 tahu, 5 tahun, 10 tahun atau kadang-kadang seumur hidup Anda! Semuanya tergantung dari hal-hal yang ingin kita kuasai dan seberapa baik kita ingin menguasainya. Kita harus bersabar. Ini yang disebut sebagai "keberhasilan yang tertunda".

2. Energi. Untuk dapat menguasai sesuatu, diperlukan energi dan tenaga. Tidak ada yang berharga bila diraih secara instan. Misalnya kita ingin mahir dalam bermain sepakbola. Untuk bisa menjadi mahir kita harus tekun dan berlatih dengan keras. Kita harus menyediakan beberapa jam setiap hari untuk latihan. Hal tersebu t memerlukan banyak usaha dan energi. "Energi" disini tidak hanya berarti "usaha", tetapi juga "uang".  Seringkali Anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Kita harus membeli bola misalnya jika ingin mahir sepakbola, sepatu bola, serta beberapa buku tentang cara bermain bola.

3. Frustasi. Oh ya, ini benar. Perjalanan untuk menguasai sesuatu sering kali penuh dengan frustasi! Tidak ada hal hebat yang datang dengan mudah. Itulah sebabnya mengapa jarang ada orang bisa mencapai sukses. Mereka tidak siap melewati proses frustasi (dan "penderitaan").

4. Berubah. Inilah yang paling penting dari semuanya. Banyak orang yang ingin sukses, tapi mereka tidak siap untuk berubah. Berubah dalam hal apa?

  • Berubah dalam cara mereka berpikir tentang diri mereka.
  • Berubah dalam cara mereka berpikir tentang sukses.
  • Mengubah cara mereka berpikir tentang pekerjaan dan profesi mereka.
  • Mengubah cara mereka bekerja, mengubah taktik mereka, mengubah "gaya" mereka, dan lain-lain.
  • Mengubah kebiasaan mereka, mengubah rutinitas mereka.
  • Mengubah cara berpakaian mereka, mengubah cara berbicara mereka.
  • Mengubah....
Jika tidak ada perubahan dalam cara berpikir, tidak ada perubahan dalam cara melakukan atau menyelesaikan pekerjaan, maka tentu saja tidak akan ada perubahan dalam hasilnya! Ini adalah hal yang sangat sederhana, tapi banyak orang yang masih tidak menyadarinya! Banyak orang ingin menikmati hasil yang lebih baik, tetapi tidak siap untuk berubah dalam tindakan mereka!
by James Gwee
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...