a

Friday, February 22, 2013

Bisnis Toko Bunga Online

Tradisi memberikan rangkaian bunga sebagai hadiah tidak pernah surut. Seorang perempuan, misalnya saja, akan merasa berbunga-bunga jika diberi bunga oleh pasangannya. Atau jika ada launching sebuah produk atau tempat, klien dan rekanan biasanya mengirimkan rangkaian bunga sebagai ucapan selamat. Jangan pula Anda lupakan pesta-pesta yang biasanya memerlukan dekorasi rangkaian bunga. Jadi, asalkan mampu menarik perhatian orang dengan bunga hasil merangkai Anda, pangsa pasar bisnis ini tetaplah ada.

Jika Anda hobi merangkai bunga, mengapa tidak menjadikannya sebagai bisnis. Bisnis ini dapat dijalankan secara mandiri. Jadi, Andad tidak memerlukan biaya untuk gaji karyawan. Workshop-nya pun adalah rumah Anda sehingga bebas biaya sewa. Betapa mudahnya memulai bisnis ini.

Sementara itu, sistem onine dijadikan pilihan mengingat semakin terbatasnya waktu orang untuk pergi ke toko bunga. Cukup membuka situs Anda dan menelepon, mereka akan dapat mengirimkan pesanan bunga yang dikehendaki.

Modal bisnis ini adalah ketrampilan Anda merangkai bunga. Ketrampilan tersebut bisa didapat secara otodidak atau melalui kursus.

A. Memulai Bisnis
Anda sudah pandai merangkai bunga? Jika sudah, hal lain yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan bagaimana cara memasarkannya. Jika belum, Anda dapat mengambil kursus merangkai bunga di kota Anda. Perhatikan tren saat ini agar Anda dapat menanyakan dan belajar gaya sesuai tren tersebut kepada pengajar Anda. Setelah mempunyai ilmu, hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut.

  • Mempunyai alat-alat merangkai yang lengkap. Hal ini penting karena akan menunjang efektivitas kerja Anda.
  • Mempersiapkan website sebagai toko online. Anda dapat membayar jasa pembuat website. Jika modalnya terbatas, Anda dapat membayar mahasiswa karena biasanya jasa mereka lebih murah. Isi website Anda dengan berbagai contoh hasil rangkaian Anda dan nomor telepon pemesanan. Buatlah nama website yang mudah diingat.
  • Mencari pemasok bunga dan bahan-bahan lainnya. Cari pemasok bunga yang murah kualitasnya baik, pemasok pot, pita, dan bahan lainnya.
  • Bekerja samalah dengan perusahaan jasa pengiriman jika Anda enggan membayar karyawan untuk mengirimkannya ke alamat pemesan. Namun, jika pesanan banyak Anda harus mempunyai pegawai yang mengantarkan pesanan tersebut.
B. Hambatan Bisnis
Tentu tidak mudah menarik perhatian pembeli. Semua hal tersebut akan dialami oleh semua jenis usaha pada awal pendiriannya. Namun, dengan kreativitas tinggi, bunga hasil rangkaian Anda akan menarik perhatian orang. Untuk langkah awal, promosi memang sangat diperlukan. Bahkan, Anda mungkin harus mengalokasikan modal untuk biaya promosi. Berikut beberapa hambatan usaha yang mungkin akan Anda temui.
  • Gaya rangkaian bunga Anda masih terlalu pasaran. Karena itu, Anda harus selalu mengasah ketrampilan. Tambahlah pengetahuan Anda dengan sering membaca buku dan browsing internet.
  • Susah mendapatkan pemasok bunga untuk bunga-bunga yang sulit didapat. Terutama untuk bunga impor, padahal pelanggan menginginkan bunga tersebut. Karenanya, perluaslah jaringan kerja Anda dengan mencari pemasok bunga dari dalam dan luar negeri.
  • Pelanggan yang tidak dapat mendeskripsikan rangkaian bunga yang ia inginkan. Untuk konsumen seperti itu, Anda harus bersabar. Solusinya mungkin dengan memajang foto hasil rangkaian Anda di website. Jadikan foto-foto tersebut sebagai rujukan dasar untuk pemesanan.
  • Menjaga kesegaran bunga tidaklah mudah. Karena itu, Anda harus mempertimbangkan cara menjaga stok bunga Anda agar tetap segar.
  • Terkadang, bisnis ini tidak mengenal waktu, apalagi Anda memakai media internet sebagai toko. Mungkin saja ada pelanggan yang memesan pada malam hari dan menginginkan hasilnya jadi dalam beberapa jam. Anda harus pintar memanajemen hal-hal di luar dugaan seperti itu.
C. Strategi Bisnis
Kualitas hasil rangkaian yang bagus dan memuaskan konsumen sudah tentu adalah bagian dari promosi usaha Anda. Sebagai promosi awal, Anda dapat melakukan beberapa strategi berikut.
  • Sering-seringlah ke pameran bunga dan membagi-bagikan kartu nama Anda kepada para pengunjungnya.
  • Berpromosi lewat event pameran industri kreatif.
  • Berikan diskon kepada pelanggan Anda. Maksudnya tentu agar mereka puas dan mau menjadi pelanggan setia Anda.
  • Berikanlah bunga hasil rangkaian Anda sebagai hadiah kepada teman atau rekan lainnya. Sisipkan kartu nama selain kartu ucapan. 
  • Memanfaatkan situasi, misalnya saat hari raya atau Valentine. 
  • Perluaslah jaringan Anda sampai ke luar negeri. Solusinya, website Anda harus menggunakan bahasa Inggris. Biasanya orang asing akan memesan bunga untuk diberikan kepada koleganya di Indonesia.
  • Selalu meningkatkan skill dengan membaca dan memperhatikan tren yang sedang berkembang.
by 99 Bisnis
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...