a

Tuesday, May 14, 2013

Bisnis Lapangan Futsal

Trend olahraga futsal yang kini semakin diminati banyak kalangan terutama kalangan pelajar merupakan alternatif bisnis yang berprospek cerah dan berpotensi ekonomi tinggi. Hal ini cenderung disebabkan karena banyaknya penggemar olahraga bola dan minimnya fasilitas olahraga yang memungkinkan berbagai kalangan seperti anak-anak, pelajar, mahasiswa, dan mereka yang telah bekerja untuk bermain bola bersama dengan sarana yang memadai dan nyaman. Bisnis futsal yang dipandang sangat menghasilkan dibandingkan bisnis futsal jenis sepatu futsal, kaos dan celana olahraga futsal adalah bisnis lapangan futsal. 

Meski bisnis lapangan futsal merupakan bisnis futsal yang membutuhkan modal yang relatif besar namun keuntungan yang nantinya anda peroleh akan sebanding bahkan lebih besar dari modal awal yang anda harus keluarkan untuk biaya pembangunan lapangan futsal dan renovasinya. 

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Lapangan Futsal

Langkah awal memulai bisnis lapangan futsal adalah dengan terlebih dulu menyiapkan modal yang berkisar antara 200 juta rupiah hingga milyaran rupiah tergantung pada besar kecilnya lapangan futsal dan fasilitas pendukungnya seperti mushola, shower, toilet, lighting, security, asbes, rumput sintetis, dinding kawat, gawang, jaring, dan lain sebagainya. Apabila anda memiliki lahan milik sendiri yang luas, berlokasi strategis, dan sesuai untuk dijadikan sebagai lahan bisnis futsal, anda dapat menekan modal dengan hanya merenovasi dan menambah fasilitas pendukung yang dibutuhkan untuk bisnis lapangan futsal anda misalnya tempat parkir, runag tunggu, televisi, dan kamar mandi. Namun, bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat memilih lokasi yang cocok dan strategis untuk disewa atau dibeli kemudian selanjutnya melakukan proses renovasi terhadap lahan tersebut. Sebagai informasi, lapangan futsal pada umumnya berukuran panjang antara 25-42 meter dan lebar antara 15-25 meter. Setelah lapangan futsal telah selesai dibangun dan siap digunakan sebagai lahan bisnis futsal, anda harus menentukan tarif harga sewa lapangan futsal yang sesuai berdasarkan sewa tiap jamnya. Dalam menentukan tarif harga sewa yang tepat, anda perlu melihat situasi pasar dan mengetahui harga sewa lapangan futsal yang ditetapkan oleh para kompetitor bisnis lapangan futsal lainnya di daerah anda. Usahakan agar harga sewa lapangan futsal anda tidak terlalu murah dan tidak lebih mahal daripada harga sewa lapangan futsal lainnya sehingga mendapat keuntungan yang lumayan dan menarik calon konsumen. 

Taktik Jitu Promosi Bisnis Lapangan Futsal

Agar bisnis lapangan futsal anda bisa dikenal masyarakat dan lebih berkembang, anda perlu menggunakan cara promosi yang efektif dan tepat sasaran. Cara-cara promosi secara konvensional dapat anda lakukan seperti memasang spanduk/banner di depan bisnis lapangan futsal, membagikan brosur ke masyarakat sekitar, menyiarkan iklan di radio lokal, maupun mengiklankan di media cetak setempat dan jejaring sosial. Satu taktik jitu promosi bisnis lapangan futsal yang efektif ialah dengan cara membagikan selebaran/pamflet di sekolah-sekolah, kampus, dan perkantoran mengingat banyaknya pelanggan bisnis lapangan futsal yang masih berusia muda dan produktif. Untuk menarik pelanggan, berikan pelayanan ekstra seperti memberikan minuman gratis kepada penyewa lapangan futsal dan menyediakan voucher sewa lapangan futsal gratis jika menyewa lebih dari beberapa kali sewa. Harga sewa lapangan juga dapat dibedakan dengan harga sewa lapangan pada hari libur yang lebih mahal dibandingkan harga sewa lapangan di hari kerja yaitu hari senin-jumat. Disamping itu, anda dapat bekerja sama dengan sponsor yang ada di kota anda jika memungkinkan untuk menyelenggarakan event-event turnamen futsal guna lebih memperkenalkan jenis olahraga futsal kepada khalayak ramai, menjaring pelanggan baru, serta mendapatkan bibit pemain futsal berbakat untuk diajukan ke tingkal turnamen yang lebih tinggi. Taktik promosi yang efektif lainnya adalah melengkapi bisnis lapangan futsal anda dengan membuka toko merchandise bola dan perlengkapan futsal (kaos, celana, dan sepatu futsal) sehingga anda dapat memperoleh keuntungan lebih dan meningkatkan daya tarik konsumen. 

Memang bisnis lapangan futsal memerlukan modal awal yang besar tetapi apabila dikelola dengan serius dan tepat, tentunya keuntungan yang akan anda peroleh juga akan sangat maksimal mengingat setiap orang selalu membutuhkan penyegaran dengan memainkan olahraga yang menyenangkan seperti futsal. 



 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...