a

Tuesday, May 14, 2013

Bisnis Gorengan

Saat ini banyak bisnis yang menjanjikan dengan prospek yang cerah di masa depan. Salah satu bisnis yang akan selalu diminati konsumen dan dibutuhkan masyarakat adalah bisnis di bidang makanan atau kuliner. Bisnis makanan bisa bermacam-macam jenisnya misalnya warung makan tegal, bubur ayam, nasi uduk, restoran seafood, gado-gado, mie ayam, bakso, dll. Meskipun begitu, satu jenis bisnis makanan yang tidak memerlukan banyak modal dan relatif mudah proses pembuatannya adalah bisnis gorengan. Sejak lama gorengan telah menjadi makanan ringan favorit dan populer di berbagai kalangan masyarakat di negeri ini. Walaupun sebagian orang memandang bahwa gorengan merupakan makanan yang tidak sehat, gorengan tetap makin banyak peminat karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang menggiurkan. Bisnis gorengan dapat secara mudah dilakukan oleh pebisnis pemula mengingat modal awalnya yang hanya berkisar sekitar Rp. 1.500.000,- sehingga anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian dengan nominal yang besar. 

Tantangan Memulai Bisnis Gorengan

Sebelum memulai membuka bisnis gorengan, anda perlu mengetahui beberapa tantangan yang mungkin anda hadapi dalam menjalankan bisnis gorengan. Tantangan utama bisnis gorengan pada dasarnya adalah maraknya pesaing bisnis gorengan di pasaran. Kemudahan dan kecilnya modal yang diperlukan dalam bisnis gorengan ini mendorong banyak orang dapat memulai bisnis gorengan dengan mudah. Tantangan yang perlu anda pikirkan selanjutnya adalah kemungkinan tidak lakunya gorengan anda. Memang gorengan yang tidak laku tersebut bisa anda simpan untuk dijual keesokan harinya namun tentu saja rasa gorengan tersebut bisa jadi tidak seenak gorengan yang baru dibuat. Terakhir, anda harus mempertimbangkan kualitas bahan baku seperti tepung terigu, gula, dan minyak goreng yang anda gunakan untuk menggoreng gorengan anda. Penggunaan bahan baku dengan kualitas rendah akan mengakibatkan rasa dan tampilan gorengan menjadi kalah saing dibanding gorengan yang dijual di tempat lain. 

Cara Memulai Bisnis Gorengan

Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam memulai bisnis gorengan bagi pemula. 

1. Pemilihan tempat atau lokasi bisnis gorengan
Dalam memulai bisnis gorengan anda, anda bisa menggunakan gerobak dorong yang dapat anda beli dengan harga sekitar beberapa ratus ribu rupiah. Anda dapat melengkapi gerobak anda dengan terpal sebagai atap jika anda berniat berjualan secara menetap di suatu lokasi. Sebagai saran, anda dapat memilih lokasi bisnis gorengan di tempat yang strategis dan banyak dikunjungi orang seperti di perempatan jalan besar, sekitar alun-alun kota, dekat taman kota, di depan pasar, di samping daerah pertokoan atau perkantoran. Perlu diingat, jika anda telah menemukan lokasi yang sesuai anda perlu meminta ijin bisnis gorengan dari pihak yang terkait di daerah tersebut. Apabila anda berencana membuka bisnis gorengan di depan rumah, anda cukup meminta ijin dari RT atau RW setempat. 

2. Menentukan jenis dan harga gorengan yang dijual
Agar tidak kalah saing dengan pesaing bisnis gorengan serupa dan menarik pembeli, anda dapat menjual beberapa jenis gorengan yang banyak diminati masyarakat seperti pisang goreng, ayam goreng, tempe goreng, tahu isi, tape goreng, dll dengan menetapkan harga yang tidak terlalu mahal dibandingkan harga gorengan yang dijual pesaing anda. 

3. Mempersiapkan peralatan memasak gorengan
Memiliki peralatan memasak gorengan merupakan persyaratan wajib untuk memulai bisnis gorengan anda. Anda dapat membeli peralatan masak baru atau menggunakan peralatan masak yang telah anda miliki misalnya wajan besar, kompor, serok untuk menggoreng, wadah tempat meletakkan gorengan, tas plasik, kertas koran, serbet, dan sebagainya. 

4. Memahami cara memasak gorengan
Mengerti cara memasak gorengan yang benar akan sangat menentukan kesuksesan dan kelancaran bisnis gorengan anda. Cara memasak gorengan sangat mudah tetapi kadang dibutuhkan trik khusus seperti mengecilkan api saat mulai menggoreng gorengan lalu membesarkan api kembali dan penggunaan minyak goreng yang relatif banyak untuk menciptakan rasa gorengan yang renyah. 
Bisnis gorengan yang sukses juga cenderung dipengaruhi oleh mental pelaku bisnis yang kuat dan siap menghadapi tantangan bisnis. Disamping itu, strategi promosi dan inovasi rasa gorengan dapat mendukung berkembangnya bisnis gorengan anda. Semoga dengan membaca artikel ini, anda dapat mendapat ide dan panduan dalam memulai bisnis gorengan anda. Selamat mencoba.


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...