Saturday, October 13, 2012

Prinsip Mengelola Keuangan (Yang Tidak Ingin Sukses Jangan Baca)


Bagaimana caranya orang kaya/sukses mengelola keuangan mereka? Berikut ini ada beberapa tips cara/prinsip orang kaya mengelola keuangan mereka :
  1. Menunda Kesenangan : Fakultas psikologi di sebuah universitas top di luar negeri mengadakan penelitian sebagai berikut. Mereka mengumpulkan anak-anak umur 5-6 tahun di dalam sebuah ruangan dan memberi permen coklat di hadapan mereka. Mereka diberitahu bahwa boleh langsung makan permen itu atau menunggu 30 menit. Siapa pun yang mau menunggu 30 menit akan diberi 2 permen coklat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada yang mau menunggu, tapi ada pula yang tidak mau menunggu. Menarik bahwa ternyata mereka yang mau menunggu itu tidak terus bengong menatap permen coklat yang ditaruh di depan mereka, tetapi asyik bermain sambil menunggu. Jadi mereka juga menikmati ketika menunggu. Yang lebih menarik lagi, ketika penelitian dilanjutkan sampai 30 tahun kemudian ternyata anak-anak yang mampu menunda kesenangan tersebut mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah, menjadi karyawan yang lebih baik, atau menjadi pengusaha yang lebih sukses dibanding teman-teman mereka yang tidak mampu menunda kesenangan.
  2. Aset Alokasi : Berapapun penghasilan anda, anda diwajibkan untuk mengalokasikan penghasilan sebelum uang tersebut digunakan. Berikut ini tips alokasi penghasilan, yaitu : minimal 10% ditabung untuk hari tua (tidak boleh diambil untuk alasan apapun. hanya boleh diambil ketika bunganya cukup untuk membiayai hidup kita), minimal 10% untuk amal/sosial, minimal 15% untuk pendidikan (untuk buku, seminar, atau pendidikan formal kita dan keluarga), minimal 5% untuk cadangan / investasi yang tumbuh, maksmial 10% untuk alokasi kesenangan, dan maksimal 50% untuk dihabiskan. 
  3. Alokasi Kesenangan : Dua kesalahan manusia dalam mengelola uang : 1) Begitu borosnya sedemikian sehingga masa tuanya sengsara; 2) Begitu pelitnya sampai melilit, tidak pernah menikmati hidup. (Irang tipe ke-2 ini sebetulnya sama juga orang miskin karena seumur hidupnya tidak menikmati kekayaan). Kuncinya saat sudah disiplin melakukan aset alokasi 3-6 bulan, gunakan uang alokasi kesenangan untuk bersenang-senang.

Dengan menerapkan prinsip mengelola keuangan ini secara disiplin, saya yakin kita akan menjadi orang yang sukses secara finansial. Ebook Keuangan Pribadi sangat membantu saya dalam mengelola keuangan. Jika anda tertarik untuk membaca ebook ini, silahkan baca tips keuangan pribadiby TDW
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...