a

Wednesday, May 29, 2013

Peluang Investasi Emas

Salah satu barang yang memiliki nilai investasi yang sangat tinggi untuk masa depan adalah logam mulia atau emas. Peluang investasi emas sejak dulu telah banyak terbukti dan dialami banyak orang. Contoh nyata yang pernah penulis alami adalah pada tahun 2003, penulis membeli emas perhiasan berupa sebuah kalung emas 22 karat seberat sekitar 4 gram dengan harga 850 ribu rupiah. Kemudian, pada tahun 2011 penulis menjual emas perhiasan tersebut dan mendapatkan harga yang lebih tinggi yaitu sekitar 2 juta rupiah. Hal ini sangat menguntungkan dan merupakan bukti nyata betapa emas sangat menguntungkan untuk dijadikan investasi masa depan. Peluang investasi emas akan lebih menjanjikan apabila dilakukan dengan memanfaatkan emas batangan atau emas logam mulia (LM) yang memiliki kadar 24 karat dan tidak dikenai biaya ongkos pembuatan. 

Telah banyak diketahui pula bahwa emas adalah satu-satunya barang investasi yang tidak akan dikenakan pajak dan bebas inflasi dibandingkan dengan tanah dan property. Selain itu, peluang investasi emas juga semakin terbuka karena emas dikenal sebagai barang investasi yang mudah dicairkan atau dijual kembali dan diterima di berbagai negara karena fungsinya yang hampir sebanding dengan alat tukar uang.  Peluang investasi emas yang paling menjanjikan adalah emas batangan dan koin dinar emas. Bagi investor pemula maupun yang telah berpengalaman, berikut ini akan dijelaskan mengenai peluang investasi emas batangan dan koin dinar emas beserta kelebihan dan kekurangannya. 

Peluang Investasi Emas pada Emas Batangan atau Emas LM

Peluang investasi emas yang sangat menghasilkan untuk investasi jangka panjang adalah dengan investasi emas batangan atau emas logam mulia. Kelebihan investasi emas batangan murni ini umumnya karena emas batangan memiliki nilai gadai dan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan investasi emas jenis perhiasan dan koin emas. Disamping itu, emas batangan atau emas LM tidak dikenakan pajak PPN 10% seperti pada emas perhiasan dan untuk emas batangan murni berukuran 1.000 gram atau 1 kilogram, pembeli tidak akan dikenakan ongkos pembuatan. Selain itu, perlu diketahui bahwa emas logam mulia memiliki nilai likuiditas yang relatif tinggi sehingga sangat mudah dijual kembali di berbagai toko emas maupun digadaikan di lembaga keuangan seperti bank-bank syariah dan pegadaian. Walaupun demikian, ketika membeli emas batangan, investor sebaiknya membeli emas batangan berukuran besar agar terhindar dari biaya pembuatan atau pencetakan. Membeli emas batangan berukuran kecil akan mengakibatkan pembeli dibebankan biaya pembuatan karena sering terdapat kesulitan saat pencetakan emas batangan berukuran kecil. Pembelian emas batangan murni dilakukan melalaui PT. Aneka Tambang Jakarta atau PT. Pegadaian.

Peluang Investasi Emas pada Koin Dinar Emas

Kelebihan peluang investasi emas dalam bentuk koin dinar emas adalah karakteristiknya yang istimewa yaitu sebagai unit account. Sifat ini dapat diartikan bahwa koin dinar emas mudah untuk dikurangi, ditambah, dikali, dan dibagi. Dalam komunitas kecil, koin dinar emas relatif mudah untuk diperjualbelikan dengan selisih jual beli sekitar 4%. Ditambah lagi, bagi umat Islam, memiliki koin dinar emas sering dianggap sebagai investasi yang bernilai ibadah karena fungsinya yang dapat dijadikan tabungan untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Meskipun demikian, koin dinar emas memiliki harga jual dan nilai gadai yang rendah dibandingkan emas batangan. Penjualan koin dinar emas tidak dapat dilakukan di toko emas biasa karena anda akan mendapat harga yang murah dibandingkan dijual dalam komunitas pemilik koin dinar emas. Di Indonesia, koin dinar emas masih dianggap sebagai jenis perhiasan emas sehingga akan dikenai PPN 10% saat pembelian maupun penjualan. Selain itu, harga jual koin dinar emas selalu dikenai biaya pembuatan sebesar 3-5%. Pembelian dan penjualan koin dinar emas dilakukan secara online di kantor perwakilan atau wakala dengan alamat website http://wakalanusantara.com. 

Demikianlah beberapa informasi yang dapat penulis bagikan tentang peluang investasi emas yang menjanjikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...