a

Wednesday, May 29, 2013

Buku Investasi Emas

Investasi emas telah banyak dilakukan masyarakat sejak ratusan tahun yang lalu sebagai alat tukar dalam transaksi jual beli dan sebagai dana simpanan yang bisa digunakan ketika diperlukan. Dewasa ini, trend investasi emas dapat dilakukan dengan beragam cara yang tidak begitu rumit dan praktis. Meski begitu, banyak investor terutama investor pemula masih mengalami kesulitan dalam melakukan investasi emas. Salah satu solusi bagi kendala yang dihadapi oleh investor pemula adalah dengan menambah pengetahuan dengan membaca buku investasi emas, mencari informasi tentang seluk beluk investasi emas di internet serta menimba ilmu dari pengalaman investor yang telah malang melintang berinvestasi emas.

Buku Investasi Emas: Cara Cerdas Berkebun Emas oleh Rulli Kusnandar

Apabila kita berbicara tentang sumber untuk mendalami cara investasi emas, di pasaran terdapat banyak buku berkebun emas yang sesuai bagi investor pemula. Salah satu contoh buku investasi emas yang dapat anda mulai baca adalah buku “Cara Cerdas Berkebun Emas” karya investor emas yang telah sukses berkebun emas yaitu Rulli Kusnandar. 

 Dalam buku investasi emasnya, penulis yang merupakan mantan manager di bidang IT menggunakan cara-cara investasi emas yang tidak biasa dilakukan oleh para investor pada umumnya. Rulli menamakan teknik investasi emasnya dengan istilah berkebun emas. Rulli menyebut bahwa berkebun emas dapat dilakukan oleh para investor secara mudah dengan cara menggadaikan emasnya ke pihak bank-bank syariah dan pegadaian. Namun, menurut penulis, sebaiknya investor memilih berinvestasi emas di bank syariah karena cenderung mengenakan biaya yang rendah dan memberi nilai gadai yang tinngi dibanding pegadaian misalnya Bank Jabar Banten Syariah. Dari emas yang telah anda gadaikan tersebut, anda akan memperoleh dana segar yang dapat anda gunakan untuk membeli emas lagi dan kemudian menggadaikan emas kedua anda itu untuk memperoleh keuntungan yang optimal. Lakukanlah pembelian emas dan penggadaian emas secara berulang kecuali pada emas terakhir. Emas yang anda beli terakhir tidak boleh anda gadaikan karena emas itu akan berfungsi sebagai modal anda dalam menebus emas-emas yang anda gadaikan ketika harga tengah naik minimal 30%. Cara ini disebut penulis dengan istilah ‘kunci harta karun’.

Langkah-langkah yang dijabarkan dengan jelas oleh Rulli Kusnandar dalam buku investasi emas berjudul “Cara Cerdas Berkebun Emas” telah banyak dipraktekkan oleh banyak pembaca. Dua orang pembaca yang telah berhasil memanen hasil keuntungan dari mempraktekkan langkah-langkah jitu tersebut adalah Andy Wahyu Rizaldy dan Maria Susanti. Andy yang merupakan investor pemula dari Kalimantan Timur mencoba melakukan teknik berkebun emas dengan mengikuti bimbingan investasi emas dalam buku karya Rulli. Dengan modal awal investasi emas seberat 50 gram, saat ini telah berkembang menjadi 2 kilogram emas. Adanya kendala dalam pembelian emas batangan di daerahnya tidak mengurungkan niatnya untuk melanjutkan langkah-langkah investasi emas. Tahun depan, ia bahkan berniat untuk menempatkan dana yang lebih untuk membeli emas sebanyak 10 gram tiap bulan. Sedangkan kisah dari investor pemula yang sukses lainnya yaitu Maria Susanti adalah bahwa ibu rumah tangga tersebut telah berhasil memanen kebun emasnya yang telah bertambah hingga 1 kilogram sejak dimulai pada tahun 2008. Dari sukses investasi emasnya, Maria dapat membeli satu hektar tanah di kampungnya, Majalaya, Jawa Barat. Meski telah sukses memanen keuntungan, ia tetap menekuni cara berkebun emas yang disarankan Rulli dalam bukunya. 

Kenyataan adanya kesuksesan yang telah diraih oleh investor pemula saat mempraktekkan langkah-langkah dalam buku investasi emas karya Rulli bukannya tanpa resiko. Investor harus memahami bahwa investasi emas tersebut tidak boleh digunakan untuk spekulasi dan harus memiliki kesabaran dalam menggadaikan emasnya selama bertahun-tahun atau jangka panjang. Sebelum anda berencana menggadai emas, anda perlu memiliki dana cadangan yang lumayan dari penghasilan anda. Perhitungkan terlebih dahulu dengan cermat dan teliti sehingga proses berkebun emas anda dapat berjalan dengan lancar. 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...