a

Friday, February 22, 2013

Bisnis Spa Mini

Seorang pakar mode di Prancis pernah mengatakan bahwa perempuan akan memilih mengurangi jatah makan siangnya dibandingkan mengurangi jatah untuk merawat kecantikan dan membeli baju. Pernyataan tersebut dikemukakan sehubungan dengan krisis global yang mengancam sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia. Artinya, perempuan akan tetap mengalokasikan uang belanjanya untuk merawat kecantikannya walaupun sedang dihantui krisis keuangan. Hal bijak yang sering mereka lakukan adalah mencari alternatif perawatan kecantikan yang lebih murah tetapi aman dibandingkan harus pergi ke salon-salon besar. Mereka sadar bahwa mereka harus berhemat, tetapi selalu tampil cantik adalah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan.

Keadaan seperti ini dapat dijadikan peluang usaha untuk Anda. Hal terpenting adalah Anda harus jeli melihat pangsa pasar. Berikan pelayanan yang baik dengan harga murah yang dapat terjangkau oleh siapa saja. Hal tersebut akan memperluas jaringan pelanggan Anda. Salah satu jenis usaha perawatan kecantikan yang dapat Anda lirik adalah spa. Jika ingin berbisnis spa dengan fasilitas mewah tentu modal yang dikeluarkan sangat besar. Walaupun begitu, modal besar tersebut dapat Anda tekan jika jeli memilih lokasi.

Prospek bisnis ini cukup baik. Bisnis perawatan tubuh tidak pernah sepi. Apalagi semakin banyak perempuan yang ingin tampil lebih segar. Kunci sukses bisnis ini adalah lokasi strategis dan pelayanan yang bagus. Pelayanan yang bagus termasuk di dalamnya adalah harga ekonomis, tetapi tetap memuaskan.

A. Memulai Bisnis

  • Mencari lokasi strategis dan ekonomis. Lokasi tersebut dekat kampus, kost-kostan, atau perumahan bisa dijadikan pilihan baik dalam mencari lokasi untuk spa mini yang akan Anda buka.
  • Tentukan jenis produk yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan. Perhatikan merek dan harganya. Anda dapat melakukan perawatan dalam bentuk paket yang disesuaikan dengan jenis produk yang dipakai. Anda pun dapat membuat sendiri ramuan, misalnya lulur tradisinoal mempunyai kelebihan, yaitu bebas bahan kimia dan aman bagi tubuh.
  • Mendekor lokasi yang Anda sewa senyaman mungkin. Dekorlah dengan konsep yang dapat menenangkan jiwa para pelanggan Anda karena inti dari SPA adalah merawat tubuh dan relaksasi. Dengan modal terbatas, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan warna cat ruangan, ventilasi yang baik, dan keharuman ruangan. Jika usaha Anda sukses, barulah Anda berpikir tentang penataan interior tambahan.
  • Mencari tenaga kerja beautician. Anda dapat merekrut orang yang baru lulus kursus kecantikan atau juga mantan pegawai salon lain. 
  • Lakukan promosi efektif untuk mengenalkan usaha Anda.
B. Hambatan Bisnis
Hambatan usaha bisnis ini adalah sebagai berikut.
  • Pesaing usaha sejenis dan tentu saja promosi pertama yang harus dilakukan secara intens.
  • Lokasi juga bisa menjadi hambatan. Jika Anda menginginkan lokasi yang strategis, biasanya harga sewanya mahal. Sementara itu, tempat yang harga sewanya murah, biasanya lokasi kurang strategis sehingga akan membuat pelanggan enggan datang.
C. Strategi Bisnis
Usaha spa intinya adalah memberikan jasa pelayanan perawatan tubuh dengan murah namun memuaskan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai strategi pemasaran, yaitu sebagai berikut.
  • Pemberlakukan sistem membership : Untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan, Anda dapat menerapkan sistem ini. Untuk menjadi membership, ongkosnya jangan terlalu mahal. Setahun, mungkin hanya sekitar Rp 50.000,00. Jika bukan member, Anda dapat menarik ongkos tambahan sebesar Rp 10.000,00 - Rp. 20.000,00 untuk sekali perawatan. Perbedaan harga tersebut tentu akan menarik minat orang untuk menjadi member, dan itu artinya menjadi pelanggan Anda.
  • Promosi lewat internet dan jejaring lainnya : Promosi selain lewat brosur sederhana, dapat juga dilakukan lewat jejaring pertemanan gratis seperti facebook atau bisa lewat twitter. Jika lokasi usaha Anda di dekat kampus, masuklah ke grup para mahasiswa. Anda dapat berpromosi mengenai usaha Anda. Selain itu, Anda dapat pula memberikan promosi lewat voucher diskon yang diberikan pada kegiatan-kegiatan kampus. Tariklah minat pelanggan Anda. Sekali mereka mencoba jasa Anda. berikan pelayanan yang baik agar mereka setia menjadi pelanggan.
  • Keunikan pelayanan : Keunikan pelayanan yang dapat Anda terapkan adalah waktu-waktu khusus pemberlakuan diskon, pemberian minuman untuk pelanggan dan sistem pemesanan nomor melalui telepon. Keuntungan terkahir ini bisa Anda berikan kepada member atau pelanggan yang sudah mencapai jumlah kunjungan di atas sepuluh kali.
  • Pemberlakuan sistem paket : Pemberlakuan sistem ini bertujuan untuk menyiasati harga. Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda dapat menerapkan sistem paket perawatan sesuai dengan segmen kemampuan pelanggan Anda. Buatlah jenis paket dengan perhitungan biaya yang cerdik sehingga Anda mendapatkan keuntungan. Paket yang Anda buat tidak sebatas pemilihan jenis produk, tetapi juga jenis pelayanan yang diberikan.
by 99 Bisnis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...